Sukses

Jenazah Yana Zein Dimandikan dengan Detergen

Sebelumnya, jenazah Yana Zein sempat disiram dengan formalin.

Liputan6.com, Jakarta - Ayahanda Yana Zein, Nurzaman Zein mengungkapkan pengalamannya ketika memandikan jenazah putrinya sebelum dimakamkan di TPM Bulak Lebar, Cinere, Depok, Jumat (2/6/2017). Itu bukan hal mudah bagi Nurzaman, apalagi jasad Yana Zein lebih dulu dioleskan formalin.

Alhasil, Nurzaman pun memutuskan untuk menggunakan detergen pakaian sebagai pengganti sabun.

Jenazah Yana Zein ketika masih di rumah duka di RS Fatmawati. Ayah Yana Zein, Nurzaman Zein (mengenakan kemeja denim biru) menolak putrinya dimakamkan dengan cara Kristen. (Herman Zakharia/Liputan6.com)

"Waktu itu dimandikan ulang, dengan detergen tiga kali disabun. Soalnya kan biar bersih (dari formalin), biar bisa hilangkan lemak-lemaknya," ungkap Nurzaman, saat ditemui di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Senin (5/6/2017).

Nurzaman pun mengungkapkan isi hatinya ketika memandikan Yana Zein. Pria asal Sumatera itu mengaku teringat kenangan saat memandikan Yana Zein semasa kecil.

"Saya bilang, 'Anakku sayang, kecil dulu saya mandikan, sekarang saya mandikan kamu terakhir kalinya. Kita enggak akan bertemu lagi ya, Nak'," kenang Nurzaman.

Ia pun bersyukur, usahanya memakamkan Yana Zein secara Islam dapat terlaksana dengan baik. "Nikmat Allah yang paling besar itu Yana dimakamkan secara Islam‎," katanya.

Yana Zein (Herman Zakharia/Liputan6.com)

Yana Zein meninggal dunia akibat kanker payudara stadium IV di RS Mayapada, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis (1/6/2017) dini hari. Sebelumnya, aktris 44 tahun itu baru saja pulang berobat di Tiongkok selama empat bulan. Yana Zein dimakamkan di TPM Bulak Lebar, Cinere, Depok, Jumat (2/6/2017) petang. (fei)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.