Sukses

Cerita Zaskia Adya Mecca Berburu Malam Lailatul Qadar

Sejak kecil, Zaskia Adya Mecca mengaku sudah dibiasakan untuk beriktikaf di dalam masjid.

Liputan6.com, Jakarta Sejak kecil, Zaskia Adya Mecca mengaku sudah dibiasakan untuk beriktikaf di dalam masjid pada 10 malam terakhir Ramadan. Bersama keluarganya, Zaskia menghabiskan waktu untuk mengejar malam lailatul qadar.

"Dari kecil sampai aku sebelum nikah, mama sudah membiasakan anaknya pada 10 hari terakhir Ramadan untuk iktikaf di masjid untuk berburu malam Lailatul Qadar," kata Zaskia Adya Mecca kepada Liputan6.com saat ditemui di SCTV Tower, Senayan City, Jakarta, sebelum mengisi acara talk show, Inspirato, beberapa waktu lalu.

Zaskia Adya Mecca

Melakukan kegiatan tak biasa seperti itu memang bukanlah hal yang mudah bagi seorang Zaskia Adya Mecca. Apalagi sang ibunda sempat mengajaknya untuk menjalankan iktikaf di sebuah masjid yang cukup jauh dari Jakarta.

"Jalanin itu bukan hal yang mudah ya, apalagi dulu aku masih kecil dan disuruh diam anteng selama 10 hari di dalam mesjid. Mama pernah ajak kami ke suatu mesjid di daerah Cikoneng, Puncak, dan itu beneran di ujung puncak dan enggak ada apa-apa termasuk angkot dan itu tempat terisolir dari keramaian," lanjutnya.

Walaupun saat kecil, istri Hanung Bramantyo itu tidak mengerti mengenai makna lailatul qadar. Namun pemain film Ayat-Ayat Cinta itu mengaku bahwa setelah dewasa ia bersyukur karena telah diajarkan menjalani kegiatan tersebut saat Ramadan.

"Dulu aku enggak ngerti, tahunya cuma ikut mama papa pergi 10 hari terakhir, tetapi seiring bertambahnya usia aku jadi semakin ngerti. Kalau mama ngajarin kita untuk merasakan syahdunya mencari malam lailatul qadar," lanjutnya.

"Karena kan kebanyakan tahunya Ramadan itu cuma puasa, menahan haus dan lapar, tetapi banyak yang enggak tahu kalau ada makna terdalam dari bulan Ramadan itu," imbuhnya.

Zaskia Adya Mecca adalah salah seorang artis wanita yang memantapkan diri untuk terus berjilbab. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Zaskia Adya Mecca mengaku kalau selama menjalani iktikaf di 10 malam terakhir Ramadan, ia kerap kali keluar di malam ganjil untuk merasakan fenomena malam lailatul qadar.

"Jadi, kalau malam ganjil itu aku suka keluar untuk nyari malam lailatul qadar dan rasanya seru banget. Kita semua cari fenomenanya dan katanya kalau malam lailatul qadar itu enggak ada angin sama sekali dan pohon juga pada merunduk dan ada ketenangan. Itu pengalaman yang enggak bisa diceritain sih. Jadi, kalau boleh ge-er aku sih kayanya pernah dapat malam lailatul qadar. ketika pas iktikaf 10 hari itu," ia menerangkan.

Simak Video Menarik di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.