Sukses

Album Barunya Tak Masuk Gaon Chart, G-Dragon Kecewa Berat

Album terbaru G-Dragon dirilis dalam bentuk USB.

Liputan6.com, Seoul - G-Dragon baru saja merilis album terbaru yang ia beri judul sesuai nama aslinya, Kwon Ji Yong. Sebagai penyanyi, tentunya pemimpin grup Big Bang itu berharap albumnya bisa sukses di pasaran.

Perjuangan G-Dragon untuk membuat sukses albumnya itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dilansir dari Soompi, Rabu (14/6/2017), album terbarunya itu tidak lolos masuk ke Gaon Music Chart, salah satu tangga lagu populer di Korea Selatan.

 G-Dragon mengenakan pakaian tebal saat berada di bandara. (via. Dramafever)

Alasannya, album Kwon Ji Yong tersebut dirilis dalam bentuk USB. Rupanya hal ini belum dapat diterima oleh Korea Music Content Industry Association (KMCIA), selaku lembaga yang melakukan penghitungan jumlah penjualan album atau lagu.

Menurut mereka, karya musik yang dapat dihitung hanyalah yang dirilis dalam bentuk kaset, CD, atau piringan hitam. Sementara USB yang disuguhkan G-Dragon itu kabarnya justru hanya menampilkan alamat untuk mengunduh karya milik pelantun "Crooked" tersebut.

Setelah melalui pertimbangan, KMCIA pun menyebut karya yang disajikan G-Dragon ini sebagai Kino Album. Bentuk album baru yang memperbolehkan publik untuk mengunduh album, videoklip, foto, dan lainnya melalui smartphone atau komputer.

 G-Dragon kecewa berat album barunya "Kwon Ji Yong" tak masuk Gaon Chart [foto: www.instagram.com/xxxibgdrgn]

Alhasil, album Kwon Ji Yong tidak dicantumkan ke dalam tabel penjualan album Gaon. Kondisi ini akan berdampak pada rangking album G-Dragon di sejumlah acara musik populer seperti SBS Inkigayo dan MBC Show! Music Core.

Mengetahui hal ini, G-Dragon pun merasa sangat kecewa. Menurutnya, yang terpenting dari sebuah album tidak dinilai dari seberapa menarik kemasan fisiknya, melainkan karya itu sendiri.

 G-Dragon (via soompi.com)

"Yang terpenting bukan kemasan luar atau desain yang menarik, tapi musiknya, yang bisa didengarkan oleh siapa saja, di mana saja, di mana suaraku telah direkam: lagu-laguku... Melodi dan lirik yang hebat adalah segalanya. Sementara yang lainnya itu tidak penting," ungkap G-Dragon lewat Instagramnya.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.