Sukses

Lewat Sekuel dan Daur Ulang, 6 Film Lawas Ini Lahir Kembali

Setidaknya ada enam film Indonesia yang tenar di masa lalu yang akan didaur ulang atau dibuat sekuelnya.

Liputan6.com, Jakarta Sejak tahun lalu, tampaknya film-film lawas Tanah Air kembali menarik perhatian para produser film Tanah Air. Sejumlah film Indonesia yang pernah berjaya di masa lalu diangkat kembali ke layar lebar dalam versi baru. Baik dalam bentuk daur ulang alias remake atau sekuel.

Beberapa judul yang tayang tahun lalu misalnya Ada Apa dengan Cinta 2? dan Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 1 yang masuk dalam daftar 10 film terlaris tahun 2016. Ada pula Ini Kisah Tiga Dara, daur ulang dari Tiga Dara yang dibuat Usmar Ismail dan dirilis tahun 1955.

Tren ini ternyata masih berlanjut di tahun ini. Sejumlah film yang beken beberapa dekade lalu kembali dihidupkan ke layar lebar oleh para sineas Indonesia. Beberapa judul telah diumumkan ke publik, sebagian telah mulai proses produksi, bahkan ada pula film yang akan segera tayang di tahun ini.

Apa saja film Indonesia lawas yang akan kembali menghiasi layar bioskop Indonesia beberapa waktu ke depan? Simak daftarnya berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 2

Mengingat film Warkop DKI Reborn tahun lalu berujung dengan tulisan bersambung, sudah jelas bahwa akan ada film lanjutan dari petualangan Dono, Kasino, dan Indro. Belakangan, Falcon Pictures sebagai rumah produksi film ini telah memberikan sinyalemen bahwa Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 2 akan dirilis pada Idul Adha 2017, atau pada September mendatang.

Dalam sebuah wawancara denggan Liputan6.com beberapa waktu lalu, tiga aktor Warkop DKI Reborn yakni Tora Sudiro, Abimana Aryasatya, dan Vino G Bastian sempat mengungkapkan apa yang akan terjadi pada film kedua ini. Berbeda dengan film perdana yang mengangkat nostalgia dari film-film klasik Warkop seperti IQ Jongkok dan Setan Kredit, film kedua ini akan lebih banyak memuat materi lawakan original.

3 dari 7 halaman

Jailangkung

Film Jelangkung yang meledak di tahun 2001 turut menjadi motor kebangkitan kembali film Indonesia kala itu. Kini film tentang boneka pemanggil roh tersebut dibuat ulang oleh duo sutradara film aslinya, Rizal Mantovani dan Jose Purnomo.

Kali ini filmnya akan bertajuk Jailangkung dan memasang bintang muda Amanda Rawles dan Jefri Nichol. Tak hanya judulnya, ceritanya pun disusun menjadi benar-benar baru. Jailangkung akan dirilis pada 25 Juni mendatang.

 

4 dari 7 halaman

Pengabdi Setan

Dalam beberapa kesempatan, Joko Anwar pernah mengungkapkan keinginannya untuk membuat ulang film horor lawas Pengabdi Setan. Ini, adalah film horor Indonesia fenomenal dari tahun 1980 yang bahkan dirilis di luar negeri.

Keinginan Joko untuk membuat ulang Pengabdi Setan, akhirnya terwujud.

"Sudah ada 10 tahun lalu di kepalaku akhirnya begitu disetujui aku langsung tulis apa yang dulu ada. Tapi nulisnya nggak sendirian karena takut," kata Joko Anwar dalam sebuah wawancara dengan Bintang.com.

Syuting film Pengabdi Setan versi telah dimulai pada bulan lalu, dan memasang Tara Basro serta Dimas Aditya sebagai bintang utama.

5 dari 7 halaman

Eiffel I'm in Love 2

Berdasarkan data dari filmindonesia.or.id, hingga kini film Eiffel I'm in Love yang rilis pada tahun 2003 masih masuk dalam posisi sepuluh film terlaris Indonesia dari tahun 2000-an. Tak heran bila Soraya Intercine Films, tertarik untuk menggarap sekuel film ini, 14 tahun kemudian.

Dari sejumlah unggahan di akun Instagram resminya, dua bintang utama film ini, yakni Shandy Aulia dan Samuel Rizal, akan kembali tampil di Eiffel I'm in Love 2. Film ini dijadwalkan akan rilis pada tahun ini.

6 dari 7 halaman

Ayat-Ayat Cinta 2

Film drama religi Ayat-Ayat Cinta meledak di tahun 2008 dengan 3,5 juta penonton. Dan kini, Ayat-Ayat Cinta 2 akan segera diproduksi. Fedi Nuril dipastikan akan kembali dalam sekuel ini sebagai Fahri. Namun belum dipastikan apakah Rianti Cartwright akan kembali memerankan karakter Aisyah.

Namun tak usah bersedih, ada tiga karakter wanita lain yang akan dimunculkan, yakni Sabina, Kiera, dan Bulia. Kiera akan dimainkan oleh Chelsea Islan, sementara dua aktris lainnya masih ditutupi identitasnya.

Proses syuting dijadwalkan akan berjalan mulai Juli mendatang di Indonesia, Skotlandia, dan Inggris. Ayat-Ayat Cinta 2 direncanakan akan tayang pada Desember 2017.

 

7 dari 7 halaman

Hantu Jeruk Purut

Genre horor tampaknya begitu seksi di mata produser film. Tak hanya Jailangkung dan Pengabdi Setan, ada satu lagi film horor versi baru yang akan segera ditayangkan, yaitu Hantu Jeruk Purut Reborn.

Ya, seperti terlihat dari judulnya, film ini adalah sekuel dari Hantu Jeruk Purut di tahun 2006.

Sheila Marcia dan Angie Yulia Angely akan kembali membintangi film ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.