Sukses

Gagal Total, Aksi 6 Penyanyi Terkenal Ketahuan Lip-Sync

Liputan6.com, Jakarta Menjadi penyanyi terkenal, kemampuan tampil di depan publik harus selalu sempurna. Tuntutan untuk mengekspose kemampuan terbaik datang setiap saat.

Salah satunya, performa vokal yang mumpuni. Beberapa penyanyi dianggap keren saat bisa membuai penonton dalam live performance.

Namun penyanyi terkenal dunia sekelas Mariah Carey juga hanya manusia biasa. Bisa saja ia melakukan kesalahan atau kondisi tubuh yang kurang fit.

Akhirnya, hal itu membuat ia tak bisa tampil total. Sang diva juga harus melakukan lip-sync, yaitu sinkronisasi suara kondisi seseorang seolah menyanyi dengan menggerakkan bibir di saat bersamaan ada musik yang diputar dari lagu itu.

Seperti apa cerita lengkapnya? Siapa saja penyanyi ternama lainnya yang juga ketahuan lip-sync?

1 dari 7 halaman

Mariah Carey

Para pengunjung Times Square di New York City seharusnya melewati pergantian tahun baru 2017 dengan menikmati penampilan spesial dari Mariah Carey.

Namun yang terjadi, mereka malah menjadi saksi peristiwa memalukan di awal tahun ini, yakni saat penampilan sang diva gagal total, termasuk saat melakukan lip-sync.

Sang diva yang mengenakan kostum warna kulit dengan sequin dan mantel bulu-bulu putih ini membawakan lagu "Auld Lang Syne" dengan mulus. Namun, sejumlah media menduga bahwa penampilan Mariah ini pun hanya lip-sync belaka.

Mariah Carey saat tampil di acara tahun baru 2017 (Anthony Behar/SIPA USA Via AP/Mashable)

Penampilan Mariah Carey mulai mengendur saat ia masuk pada lagu kedua, "Emotion". Mariah melewatkan lirik awal lagu yang ia rilis di tahun 1991 tersebut. Ia malah menatap kosong ke luar panggung, sambil meraba kalung yang dikenakannya. Sebagian orang yakin tindakan Mariah ini adalah untuk mencari in-ear monitor yang ia kenakan.

Saat itu Mariah Carey mengaku mengalami masalah teknis, yaitu in-ear monitor miliknya tak berfungsi. Seketika kejadian tersebut jadi buah bibir di mana-mana dan video yang menampilkan insiden Mariah Carey itu viral di internet.

2 dari 7 halaman

Justin Bieber

Justin Bieber menggelar serangkaian konser dunianya, termasuk menyapa di India pada Mei 2017. Alih-alih mendapatkan penampilan terbaik, fans Justin Bieber kecewa dengan konser idolanya, diwartakan The Huffington Post.

Penonton Justin Bieber mengungkapkan kekecewaan mereka di media sosial. Beberapa menyaksikan Justin Bieber melakukan lip-sync dalam pertunjukan langsung tersebut.

Beberapa penonton melihat bahasa bibir Justin Bieber terlihat sangat berbeda dengan lagu yang dibawakannya. Justin Bieber dikabarkan terlihat seperti orang yang tengah berkumur-kumur.

Justin Bieber (The Huffington Post)

Alhasil, penampilan Justin Bieber di India itu dianggap sangat jelek. Beberapa dari penonton mengungkapkan rasa kecewanya di media sosial.

"Jadi, Justin Bieber juga melakukan lip-sync. Sungguh memalukan. Sudah terlambat meminta maaf kepada kami," tulis pengguna dengan nama Nayar.

3 dari 7 halaman

Britney Spears

Pada 2014 silam, Britney Spears membuat para penonton yang menyaksikan konsernya kecewa. Dilansir dari laman Dailymail, Britney Spears menyanyikan lagu hits andalannya berjudul "Perfume". Saat akan mulai bernyanyi dengan begitu bersemangat, rupanya lagu tersebut bukan versi asli suara Britney Spears.

Ternyata, lagu "Parfume" yang diputar merupakan suara dari penyanyi yang pernah berduet dengan Britney, yakni Sia Furler. Lagu "Perfume" tersebut memang melibatkan penyanyi dan penulis lagu asal Australia, Sia Furler.

Britney Spears (Pinterest)

Dalam lagu itu Sia menjadi backing vocal saat Britney bernyanyi. Meski sempat canggung, mantan kekasih Justin Timberlake itu tetap santai melanjutkan penampilannya untuk menghibur para penonton.

Tak hanya itu, Britney Spears juga langsung menari seolah-olah tidak terjadi apa-apa. Kesalahan Britney tanpa sengaja direkam oleh salah satu penggemarnya yang hadir menyaksikannya. Kemudian penggemarnya tersebut mengunggahnya di akun Instagram 

4 dari 7 halaman

Katy Perry

Pada 2013 silam, Katy Perry dipermalukan saat tampil dalam sebuah acara NRJ Music Awards yang dihelat di Cannes, Prancis, karena ketahuan lip-sync.

Laman Dailymail mewartakan, saat Katy Perry melantunkan lagu "Roar", terjadi kesalahan fatal. Katy Perry menyanyikan lagu yang merupakan jatah penyanyi latar. Selain itu, ucapan Katy Perry saat menyanyikan lagu tersebut terlihat seperti orang yang tengah berkumur-kumur.

Tentu saja, penonton yang hadir kecewa dengan aksi Katy Perry. Akibatnya, Katy Perry diminta untuk mengulang penampilannya dalam acara tersebut.

Katy Perry (AP)

Ketika Katy Perry tengah asyik bergoyang sambil bernyanyi, seorang pria dengan balutan jas naik ke atas panggung. Layaknya sikap seorang pria sejati, pria tersebut mencium lengan Katy Perry. Pria tersebut meminta Katy Perry untuk menghentikan nyanyiannya.

"Maaf, jika kau tak keberatan. Kita bisa memulai penampilanmu lagi. Kami mengalami gangguan suara. Saya meminta maaf mengganggu kenikmatanmu bergoyang,"' ujar pria tersebut.

5 dari 7 halaman

Beyonce

Pada 2013 silam, Beyonce banjir pujian saat tampil dalam pelantikan Presiden Barack Obama. Sang diva dinilai memberikan penampilan spektakuler saat mengisi acara paling penting di Negeri Paman Sam itu. Sayangnya, sanjungan tersebut tak bertahan lama karena Beyonce justru diserang dengan isu tak sedap saat tampil.

Media The Sun mewartakan, Beyonce dikabarkan melakukan lip-sync saat tampil di acara tersebut. Penampilan hebat Beyonce di hadapan orang penting AS itu dilaporkan hanya berrpura-pura. Suara Beyonce berasal dari rekaman semata.

Beyonce (Pinterest)

Kabar aksi lip-sync Beyonce muncul dari Kristen DuBois, juru bicara band Angkatan Laut AS. "Beyonce meminta merekam suaranya. Kami tak tahu alasannya apa. Permintaan Beyonce dilakukan di detik-detik terakhir," kata Kristen.

Padahal, semua persiapan untuk sang diva tampil nyaris sempurna. Personel band AL yang mengiringi nyanyian Beyonce pun menjadi bingung

6 dari 7 halaman

Ashlee Simpson

Penampilan Ashlee Simpson pada 2005 silam tampak menjadi mimpi buruk sepanjang kariernya. Saat itu Ashlee Simpson tampil dalam acara Saturday Night Live (SNL). Di acara itu, Ashlee Simpson ketahuan lip-sync di hadapan ribuan penonton acara televisi.

Saat melodi mulai masuk, Ashlee Simpson mulai beraksi. Tiba-tiba, terdengar suaranya meski ia belum bernyanyi. Untuk menutupi rasa malunya, Ashlee Simpson sampai melakukan tarian aneh berupa "melebarkan kakinya".

Ashlee Simpson (Pinterest)

Ashlee Simpson juga hanya bisa tersenyum malu di depan kamera. Sejak itu, gaya Ashee Simpson yang konyol pun langsung viral, diikuti oleh beberapa orang sebagai meme.

Di akhir acara. Ashlee Simpson sempat meminta maaf kepada penonton dan penggemar. Ia menyebut, itu sebuah kesalahan teknis, salah memilih lagu yang akan dinyanyikannya.