Sukses

Aktor Peraih Oscar Daniel Day-Lewis Pensiun dari Dunia Akting

Liputan6.com, Los Angeles - Pernah menyaksikan film-film seperti Gangs of New York, There Will Be Blood, dan Lincoln? Tentunya bagi yang pernah menyaksikan film-film tersebut masih terbayang wajah aktor Daniel Day-Lewis yang tampil mengagumkan.

Belakangan, juru bicara aktor asal Inggris itu menyampaikan bahwa Daniel Day-Lewis memutuskan untuk pensiun dari dunia akting, seperti dikabarkan oleh laman The Guardian.com, Selasa (20/6/2017).

Aktor kelahiran Inggris Daniel Day-Lewis mendapat penghargaan sebagai Aktor Terbaik dalam Oscar 2013 untuk perannya dalam "Lincoln". (Photo by Chris Pizzello/Invision/AP)

Aktor 60 tahun yang telah memenangi tiga Piala Oscar tersebut akan tampil di layar lebar untuk yang terakhir kalinya dalam Phantom Thread. Film berjenis drama tersebut menjadi kerja samanya yang kesekian kali dengan sutradara Paul Thomas Anderson (There Will Be Blood).

"Daniel Day-Lewis tak akan lagi berkarier sebagai seorang aktor," ujar juru bicara bernama Leslee Dart tersebut dalam sebuah pernyataan yang dilontarkannya kepada Variety.

"Ia sangat berterima kasih kepada semua partner dan para penonton selama bertahun-tahun. Ini adalah keputusan pribadi, dan dirinya maupun perwakilannya tidak akan memberi komentar lebih lanjut mengenai masalah ini," lanjutnya.

Daniel Day-Lewis sebelumnya sempat lama tak muncul di industri perfilman. Pada penghujung era 1990-an ia bahkan mengisi waktunya sebagai pembuat sepatu di Florence.

Nama Daniel Day-Lewis pertama kali dikenal sejak bermain film My Beautiful Laundrette yang rilis pada 1985.

Namun, ia baru memenangi Piala Oscar pertamanya setelah tampil sebagai pria lumpuh dalam My Left Foot yang rilis pada 1989. Ia juga sempat sukses pada era 1990-an berkat film-film seperti The Age of Innocence, Last of the Mohicans, In the Name of the Father, dan The Boxer.

Aktor Daniel Day-Lewis. (businessinsider.com)

Pada awal abad 21, ia tampil lagi dalam Gangs of New York dan memenangi piala BAFTA Award. Dua piala Oscar diraihnya pada 2007 dan 2012 berkat There Will Be Blood dan Lincoln. Phantom Thread sendiri direncanakan untuk rilis pada Natal tahun ini.

Daniel Day-Lewis dikenal sebagai aktor watak yang menggunakan pendekatan metodis dalam setiap peran yang ia mainkan.

Saat memainkan karakter pasien lumpuh dalam film My Left Foot, misalnya. Demi penghayatan peran, ia selalu menggunakan kursi roda dan meminta kru film untuk memindahkannya ke sejumlah tempat, meskipun di luar lokasi syuting.

Daniel Day-Lewis telah memiliki tiga orang anak dari istrinya, Rebecca Miller. Bahkan, Rebecca Miller sempat menyutradarai Daniel di film drama yang rilis pada 2005, The Ballad of Jack and Rose.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.