Sukses

Selamat, Mumpuni Sukses Jadi Juara AKSI Asia 2017

Liputan6.com, Jakarta Setelah sebulan penuh jalani sengitnya kompetisi, ajang syiar agama Islam lewat tausiyah bertajuk Akademi Sahur Asia atau AKSI Asia akhirnya mendapatkan juaranya. Siapakah sang pemenang yang akhirnya berhak menyandang gelar juara AKSI Asia pertama?

Grand Final AKSI Asia berlangsung Sabtu (24/6/2017) pagi tadi, di mana ada tiga kontestan terbaik yang berebut gelar sang juara. Indonesia mengandalkan dua wakilnya, Zaky Mubarok dan Mumpuni Handayayekti. Sedang pesaing mereka datang dari negeri jiran Malaysia, Rozi Harun.

Rozi Harun finalis AKSI Asia 2017

Dua jagoan Indonesia sendiri kebetulan adalah juara di ajang AKSI tahunan. Zaky merebut gelar di tahun pertama atau pada 2013 silam, sementara Mumpuni menyusul setahun kemudian. Namun, beda nasib keduanya terjadi di Grand Final AKSI Asia tadi pagi.

Zaky Mubarok yang digadang-gadang calon kuat juara, lagi-lagi tampil di bawah performa terbaiknya. Di tausiyah pertamanya yang berisi tantangan dari para tokoh, Zaky mendapat banyak kritikan. Zaky menebusnya di aksi kedua di mana kali ini adalah menyampaikan tausiyah berdasarkan pertanyaan dari warganet di Twitter. Kebetulan, Zaky harus menjawab pertanyaan dari Walikota Bandung, Ridwan Kamil.

"Apa keistimewaan dan hakikat bulan Ramadhan yang akan segera meninggalkan kita semua?”

Meski berhasil memperbaiki aksinya, Zaky tetap mendapat nilai kurang bagus. Di akhir, Zaky pun harus rela hanya menyandang gelar juara 3 AKSI Asia. Ini lantaran nilainya memang jadi yang terendah. Dari empat juri yang bertugas yakni Ustad Isham (Brunei), Ustad Zamri (Malaysia), Ustad Muchlis (Indonesia), dan Ustad Nuzhan (Singapura); total nilai Zaki hanya mencapai 344 poin saja.

Nilainya jauh tertinggal dari kompatriotnya. Mumpuni sukses meraup total nilai sebesar 350 poin. Mumpuni yang langkahnya selama kompetisi tak terlalu mulus ini bahkan akhirnya diumumkan sebagai juara pertama AKSI Asia. Nilai yang ia raih ternyata unggul 2 poin dari yang dikumpulkan Rozi Harun.

Rozi sendiri sempat memimpin klasemen hingga di penjurian ketiga. Nilainya baru disalip Mumpuni di juri terakhir, Ustad Nuzhan. Suksesnya Rozi di Grand Final AKSI Asia sebenarnya cukup mengejutkan. Rozi yang menjadi satu-satunya wakil Malaysia yang bisa lolos ke babak 12 besar lalu, baru menunjukan tajinya di Top 12 tersebut. Sang kuda hitam pun terus tampil cemerlang hingga menembus Grand Final dan akhirnya berakhir di posisi runner-up.

Ketiga grand finalis pada akhirnya berhak atas hadiah berupa umroh gratis dan uang tunai. Sebagai juara 3, Zaky mendapat hadiah uang sebesar Rp 50 juta. Sementara Rozi mendapat Rp 75 juta, dan Mumpuni sendiri mendapat Rp 150 juta. Selamat, Mumpuni!

Zaky Mubarok finalis AKSI Asia 2017


Rincian nilai yang diraih ketiga grand finalis.

Mumpuni, Zaky, dan Rozi

Ustad Isham: 85, 84, 86
Ustad Zamri: 84, 83, 85,
Ustad Muchlis: 88, 86, 87
Ustad Nuzhan: 93, 91, 90

Total poin: 350, 344, 348

 

Simak juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.