Sukses

Ada Kompetisi Melamun di Korea Selatan, Tertarik Ikutan?

Penyanyi R&B Korea Selatan, Crush, bahkan pernah memenangkan kompetisi melamun ini.

Liputan6.com, Seoul - Korea Selatan merupakan salah satu negara yang terkenal begitu sibuk di dunia. Banyaknya aktivitas hingga tuntutan pekerjaan dan pendidikan, terkadang membuat masyarakat Korea Selatan rentan akan stres.

Namun, di balik kesibukan negara ini, ternyata ada satu kompetisi yang terbilang aneh. Kompetisi ini disebut sebagai “Space Out Challenge” atau yang berarti kompetisi melamun.

Dilansir dari visualtvdotlive, baru-baru ini, kompetisi ini sudah ada sejak 2014 dan semakin menarik perhatian publik. Kompetisi ini, sesuai dengan namanya, mengharuskan para peserta untuk berdiam diri selama 90 menit. Para peserta diminta berkumpul di sebuah lapangan dan duduk menatap lurus ke depan.

Mereka tidak boleh melakukan apa pun. Peraturannya, mereka tidak boleh membawa gadget seperti handphone atau perangkat elektronik lainnya. Mereka juga tidak boleh berbicara, tertawa, atau tidur. Apabila para peserta tertangkap melanggar peraturan, maka mereka akan dieliminasi.

Para peserta tetap boleh beraktivitas seperti ke kamar mandi atau meminta minum, tetapi tidak boleh melakukan apa pun selain itu.

Bagaimana cara menentukan pemenangnya? Pemenang akan ditentukan dari peserta yang memiliki detak jantung paling tenang. Setiap 15 menit sekali, para panitia akan mengecek detak jantung peserta dan menilai mana yang semakin lama semakin tenang detak jantungnya.

 

Salah satu penyanyi R&B Korea Selatan, Crush, bahkan pernah mengikuti kompetisi ini dan memenangkannya karena memiliki detak jantung paling tenang. Keikutsertaannya bahkan disiarkan lewat acara I Live Alone.

Kompetisi ini bisa disebut sebagai simbolisiasi untuk membawa kesadaran yang lebih besar kepada semua orang di dunia. Otak dan badan kita perlu beristirahat agar kita dapat memproses informasi dengan benar, menangani stres dan meningkatkan efektivitas memori.

Apa kalian tertarik untuk mengikuti “Space Out Challenge” ini? (Khansa Olivia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.