Sukses

Air Bud Rilis 20 Tahun Lalu, Ini 6 Fakta Buddy si Anjing Pintar

Liputan6.com, Jakarta  Rasanya tak banyak orang yang belum menonton film Air Bud. Pasalnya, film besutan Walt Disney Pictures ini tergolong sangat populer. Stasiun televisi Tanah Air pun kerap menayangkan film ini.

Awal bulan Agustus ini, adalah ulang tahun ke-20 Air Bud. Film ini, pertama kali ditayangkan di bioskop secara terbuka untuk umum pada 1 Agustus 1997.

Nah, 20 tahun setelah penayangannya, ternyata banyak cerita tersisa dari balik layar film Air Bud. Termasuk soal Buddy, anjing pintar yang menjadi bintang utama dalam film ini.

Ada sejumlah cerita tentang anjing golden retriever pintar ini, yang mungkin akan membuat Anda tersenyum atau malah terharu, apa saja itu?

 

Simak juga video menarik berikut ini:

 

1 dari 7 halaman

Awalnya Anjing Liar

Buddy ternyata punya masa lalu yang kurang beruntung. Awalnya, ia adalah seekor anjing liar tak terawat. Beruntung, ia ditemukan oleh Kevin DiCicco di akhir dekade 80-an, saat DiCicco sedang menginap di kabin kakeknya di dekat Taman Nasional Yosemite.

Iba, DiCicco kemudian membawa Buddy pulang bersamanya.

2 dari 7 halaman

Benar-Benar Bisa Main Basket

Keterampilan Buddy bermain basket ternyata bukan efek tipuan kamera. Anjing pintar tersebut benar-benar bisa bermain basket berkat latihan yang bersama sang pemilik.

Dalam wawancara pada 1992 dengan Los Angeles Times, Kevin DiCicco menyebut bahwa bakat Buddy ini ia temukan saat keduanya tengah bermain tangkap bola. Ketimbang anjing pada umumnya, mengejar bola yang memantul-mantul di tanah, Buddy melakukannya dengan cara lain.

Buddy lebih suka bermain bola ala pemain baseball. Dia menangkap bola yang sedang melambung di udara, sebelum mainan itu menyentuh tanah. Memanfaatkan hal ini, DiCicco kemudian mengajarkan Buddy bermain basket dengan hidungnya. Tinggi ring bahkan sesuai aturan dalam olahraga tersebut.

3 dari 7 halaman

Tak Cuma Bisa Main Basket

Tak cuma bermain basket, Buddy ternyata jago berbagai olahraga lainnya. "Buddy bisa bermain hoki dan juga baseball, tapi Bud paling jago bermain basket," tutur Kevin DiCicco. Buddy, bahkan piawai memasukkan tembakan tiga angka.

Wah, jago ya!

4 dari 7 halaman

Debut di Acara Komedi

Sebelum bermain dalam Air Bud, Buddy telah banyak tampil di sejumlah acara televisi. Awal penampilan Buddy adalah acara humor America's Funniest Home Videos.

Ia juga tampil di acara bincang-bincang populer The David Letterman Show. Bahkan ia kembali muncul dalam siaran ulang tahun ke-10 acara ini, dan mendapat sambutan tak kalah meriah dari bintang besar Bill Murray dan Bob Dylan.

 

5 dari 7 halaman

Bikin Kritikus Terheran-heran

Kemampuan Buddy dalam bermain basket, tak hanya membuat penggemar film ini terkagum-kagum. Bahkan kritikus film pun dibuat terheran-heran dengan kepintaran anjing ini.

Kritikus film kenamaan Roger Ebert, contohnya. Ia antara tidak percaya dan juga bingung dengan penampilan Buddy di film ini.

"Apa anjing di film ini benar-benar bisa main basket? Aku meragukannya... Tapi aku tak tahu trik apa yang digunakan dalam adegan main basket di film ini. Apa pun itu, triknya berhasil," tulisnya.

6 dari 7 halaman

Meninggal karena Kanker

Buddy ternyata memiliki akhir hidup yang sedikit menyedihkan. Ia menderita synovial cell sarcoma, kanker yang menyerang persendian. Pada 1997, penyakit ini membuat kaki kanan belakangnya harus diamputasi. Dan 1998, atau setahun setelah Air Bud dirilis, Buddy meninggal dalam tidurnya di usia 10 tahun.

Artikel Selanjutnya
Koleksi 8.025 Boneka Teddy Bear Lansia Ini Pecahkan Rekor Dunia
Artikel Selanjutnya
Bikin Fans Heboh, Teaser Lagu Baru BTS Ditonton 9 Juta Kali