Sukses

Kolaborasi Lima Seniman di Pameran Studio Ghibli

Liputan6.com, Jakarta - Rasa haru dan bangga menjadi penggerak bagi kelima seniman yang sudah menjadi fans setia dari Studio Ghibli. Dikuratori oleh Arian13, acara Live Mural dari Toyota x The World of Ghibli Jakarta melibatkan seniman berbakat ibukota, seperti Rukmunal Hakim, Citra Marina, Mayumi Haryoto, Shane Tiara, dan Kemalezedine.

Pada acara ini, kelima seniman terpilih menuangkan versi mereka terhadap film animasi Studio Ghibli favorit di
atas mobil Toyota Sienta dan Toyota Yaris. Selain menjadi rangkaian pembuka dari The World of Ghibli Jakarta Exhibition, karya dari kelima seniman akan dipamerkan di Atrium Pacific Place dari tanggal 5-12 Agustus 2017.

Kreasi para seniman di World of Ghibli Jakarta. (The World of Ghibli Jakarta Team)

"Syarat utama dari kolaborasi karya ini adalah seniman yang terlibat harus fans dari Studio Ghibli. Saya sudah lama menjadi fans dari karya Hayao Miyazaki dan merupakan kebanggaan tersendiri ketika dapat mengajak sesama fans Ghibli untuk berkarya pada acara ini. Setiap seniman yang terpilih menuangkan kreasi terhadap film animasi favorit mereka dari Studio Ghibli. Salah satu tantangannya adalah menggambar di atas mobil, karena ini perdana buat mereka," ujar Arian13, seniman dan vokalis dari Seringai yang menjadi kurator acara ini.

Dengan waktu persiapan yang hanya sebentar, Arian menanyakan 3 film favorit para seniman dan mengurasinya. Pertanyaan ini penting agar para seniman yang terlibat dapat secara maksimal menuangkan inspirasi yang telah mereka serap dari Studio Ghibli.

Kreasi Mayumi Haryoto untuk Spirited Away di World of Ghibli Jakarta. (The World of Ghibli Jakarta Team)

Dari jawaban mereka, Rukmunal Hakim menuangkan versi kreasinya untuk Kiki’s Delivery Service, Citra Marina
untuk My Neighbor Totoro, dan Shane Tiara untuk Princess Mononoke. Kemalezedine, seniman yang berkediaman di Bali, berkreasi untuk Ponyo dan Mayumi Haryoto, seniman asal Indonesia-Jepang untuk Spirited Away, film pertama dari Studio Ghibli yang mendapatkan Piala Oscar.

"Masih gak percaya bisa terlibat di proyek The World of Ghibli Jakarta x Toyota ini. Selain menggambar Totoro, tokoh favorit saya, saya juga dapat berkolaborasi dengan para seniman yang sangat berbakat. "I’m very thankful and proud," ujar Citra Marina, salah satu seniman berbakat yang mulai serius dalam menekuni hobi menggambarnya.

Kreasi Shane Tiara untuk Princess Mononoke di World of Ghibli Jakarta. (The World of Ghibli Jakarta Team)

Kolaborasi karya kelima seniman di atas mobil Toyota Sienta dan Yaris ini merupakan rangkaian pembuka dari The World of Ghibli Jakarta Exhibition. Pameran ini adalah pameran pertama di Asia Tenggara dan pameran terbesar sepanjang sejarah Studio Ghibli. Diadakan pada 10 Agustus–17 September 2017 di Ritz Carlton, Pacific Place Ballroom dengan luas 7.200 meter, para pengunjung akan melihat dunia animasi Studio Ghibli yang seolah menjadi nyata.

Para pengunjung dapat merasakan pengalaman pergi ke Museum Ghibli di Mitaka, Jepang karena beragam sketsa asli dari film animasi Studio Ghibli dan juga replika ruangan kerja dari Hayao Miyazaki, salah satu founder Studio Ghibli, akan menjadi salah satu atraksi menarik bagi para pengunjung.

Kreasi Kemalezedine untuk Ponyo di World of Ghibli Jakarta. (The World of Ghibli Jakarta Team)

Tak ketinggalan, replika karakter favorit dari animasi Studio Ghibli seperti Totoro, Robot Laputa, dan kastil Howl’s Moving Castle setinggi 8,5 meter juga dibuat khusus bagi para fans setia Studio Ghibli di Indonesia.

"Membawa The World of Ghibli Jakarta Exhibition merupakan suatu perjuangan panjang, ini merupakan bukti dedikasi para fans Studio Ghibli yang ikut terlibat dalam rangkaian acara ini. Saya sungguh berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung dan saya tak sabar melihat reaksi para pengunjung yang hadir di pameran Studio Ghibli terbesar di dunia," ujar Wilawati, CEO dari Kaninga Pictures dan Project Director dari The World of Ghibli Jakarta Exhibition. Tiket The World of Ghibli Jakarta Exhibition dapat dibeli melalui website resmi Worldofghibli.id.

Simak video menarik berikut ini: