Sukses

Godzilla Pertama Meninggal di Usia 88

Liputan6.com, Tokyo - Aktor di balik kostum Godzilla pertama, Harou Nakajima, dikabarkan meninggal dunia dalam usia 88 tahun, seperti disampaikan Independent.co.uk, Selasa (8/8/2017). Nakajima sendiri telah 20 tahun mengenakan kostum sang monster.

Secara keseluruhan, Harou Nakajima terhitung sudah 12 kali memainkan Godzilla di beberapa film. Mulai dari Godzilla paling pertama yang dirilis pada 1954, sampai dengan Godzilla vs Gigan yang dirilis di Jepang pada 1972.

Harou Nakajima, aktor yang pertama kali mengenakan kostum Godzilla. (Independent)

Dalam sebuah wawancara pada April 2017 lalu, Harou Nakajima sempat menjelaskan bagaimana kostum pertama Godzilla memiliki berat sekitar 90,7 kilogram karena dibuat dari beton, dikarenakan jumlah karet tidak mencukupi pasca-Perang Dunia II. Ia juga menyatakan bahwa kostum tersebut membuatnya sangat sulit untuk bernapas dan ia harus menggunakan tabung oksigen.

Meskipun begitu, Nakajima kemudian memainkan Mothra pada tahun 1961 dan King Kong dalam film King Kong Escapes pada tahun 1967. Selain itu, banyak peran kaiju (monster Jepang) lainnya yang melibatkannya seperti War of the Gargantuas dan Frankenstein Conquers the World.

Godzilla vs. King Kong versi Jepang. (TOHO)

Harou Nakajima sendiri memulai karirnya dalam film samurai dan perang, terutama film buatan Akira Kurosawa berjudul Seven Samurai sampai film Perang Dunia II buatan Ishirou Honda bertajuk Eagle of the Pacific.

Mengenai kabar meninggalnya Harou Nakajima, sang aktor menghembuskan napas terakhir pada Senin (7/8/2017) karena penyakit pneumonia, seorang juru bicara untuk perusahaan film Toho menyampaikan. Godzilla sendiri masih terus menjadi karakter populer di film Jepang maupun Hollywood.

Simak juga video berikut ini: