Sukses

Ini Kegiatan Fadly di Luar Musik Selama Band Padi Vakum

Fadly Padi bahkan sampai belajar ke Australia untuk melengkapi ilmunya tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Munculnya foto para personel band Padi berkumpul dan melakukan syuting membuat warganet penasaran. Pasalnya sejak beberapa tahun terakhir band yang populer dengan lagu "Sobat" itu vakum.

Sama seperti Yoyo, Fadly sang vokalis juga enggan untuk bicara mengenai syuting tersebut. Dia memilih untuk menceritakan aktivitasnya di kala band Padi vakum. Pria berusia 42 tahun itu mengungkap kalau dia menjadi aktivis Indonesia Berkebun.

Fadly Padi (Liputan6.com/Herman Zakharia)

"Saya hanya aktivis Indonesia Berkebun. Di sana banyak ternak kultur, hidroponik, aquaponik, dan sebagainya. Saya ambil spesialisasi di aquaponik. Itu adalah spesialisasi pertanian terbaru yang menyebar di dunia," kata Fadly Padi, saat ditemui di kawasan Bekasi, Jawa Barat, baru-baru ini.

"Saya beruntung bisa membagikan ilmu itu, itu sebenarnya ilmu lama dari Indonesia namanya Mina Padi. Saya juga terlibat dalam seminar sebagai narasumber, bagaimana cara berkebun dan memberikan motivasi," sambung pria kelahiran Makassar tersebut. 

Ketertarikan Fadly Padi dalam bidang pertanian terbilang unik. Bahkan Fadly sampai rela belajar pertanian secara khusus ke Australia.

"Saya belajar dari internet dan kursus di Australia. Balik ke sini ketemu sama perkumpulan, langsung praktek. Karena saya bukan akademisi jadi langsung praktek. Dari trial and error sampai dapat yang ideal," jelas Fadly.

Fadly beraksi bersama Musikimia di Solo. [Foto: Reza Kuncoro/Liputan6.com]

Dia memilih untuk belajar di Australia karena menurutnya, di Indonesia belum banyak ilmunya dan belum begitu banyak yang menggunakan teknologi serupa.

Tak hanya untuk mencari kegiatan baru, ternyata belajar bertani memiliki arti lebih bagi pencipta lagu soundtrack serial animasi Malaysia Upin & Ipin berjudul "Baca Bukumu" itu.

"Belajar bertani sih intinya ingin mengajak orang-orang untuk kembali lagi menanam kembali apa yang ditanam. Jadi mengajak anak saya, orang, tidak menanam di Farm Hills (game handphone). Jadi mereka kayak punya kebun sendiri walau hanya 1x1 atau bagaimana cara membenihkan sampai memakan hasilnya. Enggak sampai menjadi industrialis. Saya hanya mengajarkan ilmu dasarnya aja. Skill pertama adalah mengajarkan skill hidup. Itu pelajaran yang wajib dipelajari," tutur Fadly Padi. (Khansa Olivia/fei)

 

Simak Video Menarik di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.