Sukses

Ini 5 Jurus Andalan dalam Saur Sepuh The Series

Ilmu-ilmu yang dikuasai memunculkan daya tarik tersendiri dalam sinetron Saur Sepuh The Series.

Liputan6.com, Jakarta Sinetron laga kolosal Saur Sepuh The Series dipenuhi oleh adegan bertarung dan juga peperangan. Sinetron ini diadaptasi dari sandiwara radio berjudul Saur Sepuh karya almarhum Niki Kosasih.

Saur sepuh merupakan sandiwara radio yang sangat digandrungi di era tahun 1980-an dan menjadi master of the legend atau legenda terbesar dari sandiwara radio yang pernah ada di Indonesia.

Begitu banyak jurus-jurus aliran Jawa yang disebut dalam kisah ini, terutama jurus-jurus silat yang digunakan oleh para tokoh utama. Hal ini yang banyak disukai oleh sebagian masyarakat.

Mengikuti jejak kisah legendaris tersebut, Kami pun menuliskan beberapa jurus andalan sang raja Brama Kumbara dan yang lainnya yang ada di Saur Sepuh The Series, berikut beberapa di antaranya.

 

Simak Video Menarik di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Serat Jiwa

 

Sebuah ajian kegidjayaan tertinggi yang ada saat itu. Ajian Serat Jiwa merupakan ilmu yang dapat dipelajari dari Kitab Ajian Serat Jiwa. Ajian Serat Jiwa memiliki tingkat tertinggi yaitu tingkat 10. Kitab itu sendiri tersebar luas dan banyak pendekar mampu menguasainya, namun kebanyakan tidak bisa menguasai sampai tingkat tertinggi.

Nama Sabina Katya VD memang masih terdengar asing di telinga pecinta sinetron tanah air. Nama Sabina Katya VD memang masih terdengar asing di telinga pecinta sinetron tanah air.

Salah satu tokoh utama yang memakai ajian ini dan mampu menguasai sampai tingkat 10 tak lain dan tak bukan adalah Brama Kumbara, yang diperankan oleh Samuel Zylgwyn. Ilmu ini juga dipelajari oleh tokoh-tokoh lain seperti Mantili (Sabina Katya) dan Dewi Harnum (Cut Meyriska).

3 dari 6 halaman

2. Rongrong

 

Rongrong merupakan ilmu aneh yang hanya dimiliki oleh Raden Samba, kekasih dari Mantili. Ilmu tersebut membuat Raden Samba dapat menembus tanah. Raden Samba diperankan oleh Juan Christian.

Saur Sepuh The Series (Instagram/@saur.sepuh.sctv)

4 dari 6 halaman

3. Tatar Bayu

Ilmu Tatar Bayu membuat penggunanya dapat berlari sangat cepat seiring angin. Ilmu ini dikuasai oleh Patih Gotawa, yang diperankan Hikmal Nasution. Patih Gotawa adalah mantan senopati Madangkara, kerajaan yang dipimpin Brama Kumbara, sebelum diserang oleh Kuntala. Gotawa merupakan adik seperguruan dari panglima Bernawa.

5 dari 6 halaman

4. Waringin Sungsang

Sebuah ilmu kedigjayaan yang mampu mengalahkan ajian Serat Jiwa tingkat 10. Ajian Waringin Sungsang memiliki efek yang sangat mematikan. Apabila ada yang diserang ajian ini, makat energi kesaktiannya akan terserap dan mengalami lumpuh. Hingga akhirnya roboh tidak berdaya dan dengan memiliki ajian ini muncul energi pertahanan tubuh yang sangat kuat.

Saur Sepuh The Series (Instagram/@saur.sepuh.sctv)

Brama Kumbara juga menguasai ilmu Waringin Sungsang setelah sempat dikalahkan oleh ilmu ini juga yang digunakan musuhnya nanti. Dia juga menciptakan teknik lain yang berdasar dari Waringin Sungsang bernama ilmu Srigunting. Ilmu ini nantinya diajarkan Brama kepada Mantili untuk menghadapi musuhnya.

6 dari 6 halaman

5. Lampah Lumpuh

Ajian ciptaan Brama Kumbara ini memiliki tingkatan kesaktian lebih tinggi dari Serat Jiwa dan Waringin Sungsang. Ilmu ini merupakan ilmu tertinggi dari ranah pesilatan di Saur Sepuh. Lampah Lumpuh tercipta karena Brama tidak puas bila hanya bisa menemukan titik lemah aji Waringin Sungsang saja tanpa membuat orang yang menggunakannya dijalan yang salah bisa bertobat. (Khansa Olivia)

Saur Sepuh The Series (Instagram/@saur.sepuh.sctv)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.