Sukses

Makna Merdeka bagi Ruben Onsu

Ruben Onsu meyakini masih banyak orang yang tak mengerti makna kemerdekaan yang sesungguhnya.

Liputan6.com, Jakarta Kamis (17/8/2017) menjadi hari khusus bagi bangsa Indonesia, lantaran tepat pada tanggal ini Indonesia merayakan ulang tahunnya ke-72. Semua masyarakat pun menyambut gembira, termasuk Ruben Onsu

Namun disayangkan, menurut Ruben Onsu masih banyak orang yang tak mengerti makna kemerdekaan yang sesungguhnya. Mereka hanya bisa berteriak "Merdeka! Merdeka!"

Sarwendah Tan - Ruben Onsu (Adrian Putra/bintang.com)

"Buat saya, kadang kita masih susah mengerti arti kata merdeka. Jadi tidak hanya merdeka yang 'Merdeka! Merdeka!' Tapi kita tidak lakukan itu. Buat saya, merdeka itu tidak hanya sebuah kata-kata, tapi perilaku," kata Ruben Onsu, di bilangan Thamrin, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Terkait harapannya soal kemerdekaan Indonesia, ia mengatakan bahwa masyarakat harus bisa menjaga serta mendukung program-program pemerintah yang sudah dicanangkan.

"Mudah-mudahan bangsa Indonesia ini bukan hanya pemerintah yang menjaga, bukan hanya para aparat, tapi masyarakat harus dukung semua program yang sudah jadi agenda bapak presiden beserta jajarannya. Karena kalau kita enggak support, ya susah juga," kata Ruben Onsu.

Ruben Onsu berpendapat bahwa perbedaan kerap menjadikan masyarakat terpecah di negeri ini. Padahal, mengeluarkan pendapat mengenai satu hal tak bedanya mengomentari makanan.

Ruben Onsu dan keluarga kecilnya [foto: instagram]

"Seperti makanan, misal sayur lodeh, enggak semua suka. Ada yang bilang kurang pas, kurang garam, atau apa. Sama kayak ini, peraturan pemerintah, ada aja yang komplain. Ya itu karena setiap kepala kita beda," lanjut Ruben.

Tak selesai sampai di situ, suami Sarwendah ini melanjutkan, "Jadi buat saya merdeka tidak hanya ucapan tapi kita bisa memerdekakan diri kita juga dan harus bisa lakukan hak dan kewajiban supaya negara kita ini benar-benar merdeka," tutup Ruben Onsu.

 

Simak video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.