Sukses

Penyebab Kecelakaan Tragis di Syuting Deadpool 2 Tak Wajar

Penyebab kematian pemain pengganti wanita atau stuntwoman di film Deadpool 2 mulai diungkap.

Liputan6.com, Los Angeles - Rangkaian investigasi yang meneliti penyebab kematian pemain pengganti wanita (stuntwoman) film Deadpool 2, Joi "SJ" Harris, mulai membuahkan hasil. Rincian terbaru mengungkapkan bahwa insiden tersebut tergolong tak wajar.

Disampaikan Ace Showbiz, Sabtu (19/8/2017), insiden Deadpool 2 tersebut merupakan kecelakaan aneh karena terjadi dalam kecepatan rendah. Seorang sumber yang dekat dengan pihak produksi mencatat bahwa sepeda motor Harris berjalan dengan kecepatan tidak lebih dari 10 mil (sekitar 16 kilometer) per jam.

Kondisi motor Stuntwoman yang mengalami kecelakaan saat syuting film "Deadpool 2" di Vancouver, BC, (14/8). Dilaporkan sang stuntwoman kehilangan kontrol atas kendaraannya saat melakukan salah satu adegan. (Darryl Dyck / The Canadian Press via AP)

Sebuah laporan investigasi oleh WorkSafeBC, pada 15 Agustus 2017, menyebutkan adanya "tempat kerja sementara yang telah disiapkan untuk merekam adegan untuk produksi film Deadpool 2. Tempat tersebut telah ditutup dari publik dan lalu lintas oleh Departemen Kepolisian Vancouver.

"Pekerja tersebut telah melatih adegan berbahaya yang melibatkan berkendara sepeda motor, Dictate 939 Hyperstrada, dari pintu terbuka sebuah bangunan, di atas sebuah balok beton dan menyusuri jalan yang telah dibangun di atas tiga anak tangga dan berhenti di tangga pendaratan," lanjutnya.

Ditambahkan dalam laporan tersebut, "Selama syuting pertama dari adegan itu, pengemudi stunt terus melaju di luar tempat pemberhentian yang direncanakan di tangga pendaratan, dan terus menuruni jalan kedua yang dibangun di tangga paling bawah dan di seberang jalan. Motor menabrak trotoar beton, ia terlempar dari sepeda motor dan terdorong melewati jendela kaca sebuah bangunan."

Petugas memeriksa motor Stuntwoman yang mengalami kecelakaan saat syuting film "Deadpool 2" di set, di Vancouver, BC, (14/8). Polisi menyebutkan bahwa Joi Harris tewas di tempat. (Darryl Dyck / The Canadian Press via AP)

WorkSafeBC mengatakan bahwa informasi lebih rinci akan keluar setelah semua saksi diwawancarai dan penyelidikan secara penuh telah selesai. Menurut Deadline, kecelakaan terjadi di unit kedua pengambilan gambar setelah Harris menyelesaikan lima adegan berbahayanya di sekuel Deadpool. Sepeda motor yang dikendarai Harris menabrak trotoar di pengambilan gambar keenam.

"Dalam manuver, yang tidak pernah lebih dari 15 kilometer/jam dia naik ke permukaan yang datar melalui dua pintu terbuka dan kemudian belok ke kiri dan keluar dari jangkauan kamera," kata seorang sumber yang dekat dengan pihak produksi.

"Jalan keluarnya adalah jalan keselamatan ke sebuah platform besar ketika sepeda motor seharusnya berhenti, tapi dia melampaui platform, menabrak trotoar, dan terlempar dari sepeda motor menabrak jendela kaca," lanjutnya. Harris juga dikabarkan tidak memakai helm saat sedang beradegan.

Joi Harris (Sumber: Facebook)

Joi "SJ" Harris sendiri baru pertama kali berprofesi sebagai seorang stuntwoman meskipun ia berpengalaman sebagai pengendara sepeda motor serta pembalap jalanan semi profesional. Sumber terdekat itu juga membantah rumor yang mengatakan bahwa Harris tidak memenuhi syarat untuk pekerjaan tersebut dan ia diterima hanya karena berkulit hitam, sama seperti aktris yang memerankan Domino, Zazie Beetz. "Dia adalah kandidat terbaik untuk pekerjaan itu," kata sumber terdekat.

Joi "SJ" Harris meninggal Senin pagi di lokasi syuting film milik 20th Century Fox di Vancouver. Produksi film Deadpool 2 segera dihentikan setelah kecelakaan tersebut dan dilanjutkan pada Rabu kemarin. Ryan Reynolds sempat mengajak kru Deadpool 2 untuk berbela sungkawa lewat mengheningkan cipta sesaat.

Simak juga video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.