Sukses

Komedian Legendaris Jerry Lewis Meninggal Dunia

Pada Juni tahun ini, Jerry Lewis sempat masuk rumah sakit karena infeksi saluran kemih.

Liputan6.com, Los Angeles - Jerry Lewis, komedian dan sineas legendaris Hollywood, meninggal dunia pada usia 91 tahun. Dilansir dari People, Senin (21/8/2017), perwakilan Jerry Lewis mengonfirmasi bahwa sang komedian mengembuskan napas terakhir di rumahnya di Las Vegas, pada Minggu (20/8/2017) sekitar pukul 09.15 pagi waktu setempat.

Tidak disebutkan apa penyebab kematian Jerry Lewis secara rinci. Namun, pada Juni tahun ini, ia sempat masuk rumah sakit karena infeksi saluran kemih.

Jerry Lewis memulai kariernya pada 1946 setelah membentuk duo dengan penyanyi Dean Martin. Duo ini menjadi kondang karena memiliki karakteristik yang berbeda dengan komedian lain di zamannya, yakni benar-benar mengandalkan interaksi antara keduanya. Mereka lantas laris diundang ke sejumlah acara televisi populer dan muncul dalam berbagai film.

Duo ini pecah pada 1956. Jerry Lewis mengejar karier solonya di panggung hiburan sebagai pelawak tunggal dan aktor di sejumlah film. Ia lantas memperluas sayapnya dengan berjibaku di belakang layar, sebagai penulis, produser, dan sutradara film. Sejak periode ini, ia disebut sebagai sosok jenius dalam dunia komedi.

Salah satu filmnya yang dinilai paling sukses adalah The Nutty Professor (1963) yang meraih pendapatan hingga US$ 19 juta, sebuah angka yang fenomenal kala itu.

Ia juga dikenal sebagai seorang filantropis yang memberikan bantuan luar biasa besar untuk riset atas kelainan Muscular Dystrophy. Bahkan hingga 2011, ia dikenal sebagai petinggi dan juru bicara Muscular Dystrophy Association.

Meski menuai segudang prestasi dan banyak penggemar, banyak juga yang membenci perilaku Jerry Lewis. Ia dikenal kerap mengeluarkan pernyataan bernada merendahkan perempuan (misoginis) dan rasis. Pada 2007, ia juga dipaksa untuk meminta maaf di depan kamera setelah mengeluarkan kalimat yang menyinggung kaum homoseksual.

Namun kabar kematian Jerry Lewis tetap menjadi berita dukacita. Sejumlah selebritas dunia menyuarakan rasa dukacita mereka begitu mendengar kabar kematian Jerry Lewis.

"Menonton Jerry Lewis di layar membuatku tertawa lebih keras ketimbang siapa pun. Kontribusi hebatnya di dunia sinema tidak terbantahkan. #RIP," tulis Neil Patrick Harris melalui akun Twitter miliknya.

"Bisa mengenal dan tertawa bersama Jerry Lewis yang fenomenal, adalah satu hal yang luar biasa. Ia akan tetap membuat kalian tertawa sepanjang masa," cuit Samuel L Jackson.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.