Sukses

Alice Norin: Seks Penyebab Utama Kanker Serviks

Alice Norin sedih karena banyak wanita yang tak mengerti mengenai kanker serviks.

Liputan6.com, Jakarta - Tak sedikit artis Tanah Air yang meninggal dunia akibat penyakit kanker serviks, sebut saja Yana Zein dan Julia Perez. Menurut Alice Norin, wanita sangatlah rentan terserang penyakit mematikan tersebut.

Oleh karena itu, menurut Alice Norin, area intin wanita perlu perawatan khusus. Lantaran kanker serviks paling mudah menular melalui hubungan intim. 

Alice Norin (Herman Zakharia/Liputan6.com)

"Sumber pertama kanker serviks adalah hubungan seksual. Karena dia menularnya itu beda sama HIV, lewat darah kan. Kalau kanker ini lewat kulit. Kita kena aja bisa tertular," ujar Alice Norin, saat ditemui di acara Perawatan Organ Intim untuk Mencegah Kanker Serviks, di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Senin (28/8/2017).

Menurut Alice Norin, jarang orang tahu mengenai penyebab kanker serviks bisa bersarang di tubuh wanita. Apalagi, kebanyakan wanita malu dan enggan memeriksakannya hal tersebut ke dokter. Padahal hal itu sangatlah diperlukan agar terhindar dari penyakit mematikan tersebut.

"Yang aku tahu ternyata sekeliling aku tuh banyak yang belum tahu. Atau memang mereka belum berani cek karena malu. Banyak yang malu dan takut, harus terus diedukasikan, lebih baik sehat daripada sakit," jelas bintang film Ketika Cinta Bertasbih ini.

Alice Norin dan suami, Alvin Yodhapratia (Instagram)

Alice Norin mengajak para wanita untuk tak malu-malu memeriksakan kesehatannya ke dokter terdekat, dan menjalani vaksin. Apalagi wanita di atas 30 tahun, sangatlah rentan terhadap kanker.

"Rata-rara yang sudah kena kanker di atas 30-an.Penelitian sampai sekarang, aturan dari Indonesia, pembunuh nomor satu kanker serviks. Makanya usia 10 tahun dianjurkan vaksin. Semoga waktu yang tepat ada penemuan baru soal kanker serviks," kata Alice Norin.

 

Simak Video Menarik di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.