Sukses

Dapat Peran Kontroversial, Aktor Ini Akhirnya Mundur dari Hellboy

Liputan6.com, Jakarta Masalah whitewashing kembali menghantui industri perfilman Hollywood, kali ini dalam proyek film Hellboy terbaru. Istilah whitewashing sendiri biasa digunakan mengenai hal-hal dari budaya lain yang disesuaikan dengan preferensi budaya kulit putih.

Di film, hal ini kerap ditampilkan saat karakter dalam novel atau komik yang aslinya merupakan ras atau etnis non-kulit putih, tapi dimainkan oleh aktor Kaukasia dalam film adaptasinya.

Dalam film Hellboy, hal ini terjadi pada karakter Major Ben Daimio, tokoh yang dalam komik aslinya merupakan keturunan Asia. Yang ditunjuk untuk memerankan tokoh ini adalah aktor kulit putih, Ed Skrein. Jelas saja hal ini menimbulkan kontroversi.

Ujung-ujungnya, sang aktor kemudian mundur dari proyek film Hellboy. Dilansir dari The Guardian, Selasa (29/8/2017), aktor Deadpool ini mengutarakan hal ini dalam unggahan di Facebook dan Twitter resmi pribadinya.

"Aku menerima tawaran peran ini tanpa sadar bahwa karakter tersebut dalam komik aslinya berdarah campuran Asia," tulisnya. Karena itu, ia mengerti bahwa penunjukannya untuk memerankan karakter ini lantas menimbulkan pro-kontra.

"Sangat jelas bahwa representasi seorang karakter secara akurat adalah sebuah hal yang sangat penting, dan menyepelekan tanggung jawab ini hanya akan melanjutkan kecenderungan untuk menghilangkan suara etnis minoritas dalam sebuah karya seni," kata dia.

"Aku rasa menghargai dan menghormati hal ini adalah satu hal yang sangat penting," tutur Ed Skrein menambahkan.

Major Ben Daimio (Digital Spy/ Getty Images)

Untungnya, keputusan Ed Skrein untuk mundur dari proyek film Hellboy dihormati oleh pihak produser, Larry Gordon dan Lloyd Levin. "Ed datang pada kami dan benar-benar bertekad kuat tentang hal ini. Kami mendukung penuh keputusannya yang tak egois ini," tutur dua produser ini dalam pernyataannya.

Keduanya juga menyebut bahwa mereka tak bermaksud abai soal masalah etnis dalam film ini. Ke depannya, mereka akan mencari aktor yang dinilai lebih cocok dengan karakter asli dalam film Hellboy tersebut.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

Artikel Selanjutnya
John Cena Dirangkul Menjadi Superhero DC
Artikel Selanjutnya
Gara-Gara Film Joker, Leonardo DiCaprio Bikin Jared Leto Kesal