Sukses

Baby Driver, Film Kriminal - Musikal dengan Aksi Gila-gilaan

Liputan6.com, Jakarta Panggil cowok ini (Ansel Elgort) dengan nama Baby. Ya, B-A-B-Y. Wajahnya memang masih imut-imut, tapi kemampuan nyetir dan akal bulusnya yang gila-gilaan di jalanan, mungkin bakal membuat Dominic Toretto geleng-geleng kepala.

Tak heran bila Doc (Kevin Spacey) mempercayakan Baby untuk selalu berada di balik setir. Bukan untuk menjadi sopir yang mengantar jemput pria yang selalu tampil necis dengan jas rapi tersebut. Namun sebagai pengendara mobil yang membawa kabur komplotan perampok yang dipimpin Doc, usai menjalankan aksinya.

Sebenarnya, Baby ogah menjalankan pekerjaan haram ini. Sang ayah angkat yang ia sayangi juga selalu menentangnya setiap ia menjalankan aksinya. Apalagi ia baru jatuh hati dengan seorang perempuan cantik, Debora (Lily James) yang juga terpikat padanya.

Namun karena utangnya pada Doc yang keji, mau tak mau Baby menyelesaikan tugasnya hingga utangnya impas. Namun begitu ia selesai membayar utangnya, ternyata Doc tak mau melepasnya begitu saja. Doc menganggap Baby adalah jimat keberuntungannya.

Jadilah di bawah ancaman Doc, ia terpaksa terlibat perampokan lagi. Kali ini teman satu timnya adalah pasangan yang doyan bercumbu sepanjang hari, Darling (Eiza González) dan Buddy (Jon Hamm), serta perampok bengis dan delusional, Bats (Jamie Foxx).

Mampukah Baby lepas dari jerat Doc dan anak buahnya?

 

Simak juga video menarik berikut ini:

1 dari 3 halaman

Film dengan Pesona Menggigit

Film yang menceritakan tentang perampokan atau dunia kriminal, sudah banyak dirilis oleh sineas Hollywood sebelumnya. Namun tak terlalu banyak yang memiliki pesona yang menggigit seperti Baby Driver.

Sejak menit-menit pertama, penonton sudah diingatkan bahwa protagonis dalam Baby Driver adalah seorang tokoh yang nyeleneh. Yakni cowok yang telinganya selalu disumpal dengan earphone yang memutar lagu jadul, baik saat kabur dari polisi atau sekadar membeli kopi.

	Baby Driver. (Sony Pictures)

Bila hidup adalah sebuah film, maka Baby merasa dirinya tengah membintangi sebuah film musikal. Di kehidupannya—meski diiringi dengan tatapan aneh dari orang-orang di sekelilingnya—Baby tidak berhenti ‘menari’.

Yang menarik, dalam film ini sering diterapkan gaya pengambilan gambar yang biasa ditampilkan dalam film musikal, yakni continuous shot atau one take shot—satu shot yang diambil secara berkelanjutan tanpa jeda. Segala tingkah laku Baby pun ditata dalam koreografi yang apik dan seirama dengan tiap ketukan musik pengiring. Hasilnya, film tentang dunia kriminal ini punya sentuhan musikal yang kental dan menyenangkan.

Apalagi pemilihan soundtrack dalam film ini sangat mendukung untuk menghadirkan mood yang sesuai dengan adegan film—entah itu menaikkan adrenalin atau romansa anak muda.

Film Baby Driver. (Sony Pictures)

Tapi jangan salah, meski memiliki sentuhan musikal, Baby Driver jauh dari kesan lemah. Justru bumbu musikal ini memperkuat adegan aksi gila-gilaan dalam Baby Driver. Mulai dari adegan tembak-tembakan, hingga kejar-kejaran dengan mobil. 

2 dari 3 halaman

Gaya Khas Edgar Wright

Sementara itu, Baby Driver meninggalkan citarasa yang langsung mengingatkan pada sejumlah karya-karya Edgar Wright lain seperti Shaun of The Dead, Hot Fuzz, atau Scott Pilgrim vs The World. Selain dialog penuh humor yang kerap muncul tanpa diduga, Baby Driver juga punya gaya penyuntingan yang begitu tangkas. Tak hanya soal gambar, penyuntingan audio film ini juga sangat menonjol.

Di luar segala aspek teknis tersebut, Baby Driver juga memiliki cerita yang kuat. Terutama mengenai dinamika relasi antar para tokohnya dari awal hingga akhir film. Yang lebih menyenangkan, dinamika dalam geng kecil ini memiliki banyak twist yang sulit ditebak hingga di babak akhir film ini.

Film Baby Driver. (Sony Pictures)

Masing-masing tokoh juga memiliki eksistensi yang menonjol—termasuk karakter Darling yang meski tak memiliki dialog terlalu banyak namun memiliki peran vital dalam cerita. Tak cuma perkara skenario, tentu saja ini terjadi berkat para aktor dan aktris yang mengeksekusi perannya dengan baik.

Singkat cerita, Baby Driver bisa dibilang merupakan film tahun 2017 yang wajib masuk daftar tonton. Film yang tayang di bioskop Tanah Air mulai besok, Rabu (30/8/2017) ini punya bumbu aksi, humor, romansa, hingga musikal, yang diramu secara apik. Jadi duduk manis saja di bangku penonton, dan ikuti petualangan yang digas pol-polan bersama Baby.

Artikel Selanjutnya
Miller Khan Senang Main Film yang Diangkat dari Kisah Nyata
Artikel Selanjutnya
Fania Nada Penasaran Ingin Nonton Warkop DKI Reborn Part 2