Sukses

5 Fakta Eduard Khil, Mr Trololo yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta Orang mungkin tak banyak mengenal nama Eduard Khil. Alasannya, penyanyi asal Rusia ini selama kurang lebih sewindu terakhir memang lebih populer dengan nama julukan Mr Trololo.

Ini, adalah nama beken yang diberikan pada Eduard Khil setelah salah satu videoklipnya menjadi viral pada 2010. Dalam video ini, Eduard Khil tengah menyanyikan salah satu lagunya, dan liriknya merupakan senandung berbunyi 'trololololo'.

Eduard Khil tampil di Google doodle. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Hari ini, Senin (4/9/2017) adalah hari ulang tahun Eduard Khil. Bila masih hidup, pria yang meninggal 2012 silam tersebut merayakan ultah ke-83 pada hari ini.

Untuk merayakan momen spesial ini, Google kemudian memberikan kado spesial untuk Eduard Khil. Yakni, sebuah doodle animasi yang akan memutar nyanyian beken milik Mr Trololo tersebut.

Untuk mengenang Eduard Khil, Liputan6.com juga merangkum sejumlah fakta menarik tentang pria ini. Berikut di antaranya:

 

 

Simak juga video menarik berikut ini:

 

1 dari 6 halaman

Masa Kecil yang Sulit

Eduard Khil yang lahir di Smolensk, Rusia, pada 1934, tumbuh besar di masa Perang Dunia II. Tak heran bila ia merasakan banyak kesulitan dalam masa-masa awal hidupnya.

Saat keluarganya tercerai berai, Eduard Khil hidup bersama sang ibu. Namun setelah taman kanak-kanaknya dibom, ia juga terpisah dengan ibunya. Ia akhirnya tinggal di sebuah rumah yatim piatu yang miskin fasilitas dan bahan pangan. Di sini, ia juga kerap bernyanyi, menghibur para prajurit perang.

2 dari 6 halaman

Lagu Trololo yang Dilarang Pemerintah

Washington Post menulis bahwa lagu yang kelak melambungkan nama Eduard Khil, dalam bahasa Inggris berjudul "I Am Glad, ’Cause I’m Finally Returning Back Home" ("Aku Senang karena Aku Akhirnya Bisa Pulang"). Lagu ini dibawakan Eduard Khil pada 1976, saat bintangnya sebagai penyanyi Uni Soviet tengah bersinar terang.

Aslinya, lagu ini tak memiliki lirik 'trololo'. Lirik lagu ini menceritakan seorang koboi yang sedang menunggang kuda menuju rumahnya, tempat sang kekasih hati tengah merajut untuknya.

Namun lagu ini ternyata malah dilarang oleh Pemerintah Uni Soviet kala itu. Pasalnya, lirik lagunya dianggap terlalu berkiblat ke Amerika. Uni Soviet yang kala itu tengah berada dalam Perang Dingin dengan Amerika, memang mengontrol segala konten yang muncul di media.

Agar tetap bisa menampilkan lagu ini, Eduard Khil lantas mengubah lirik dalam lagu ini menjadi "trolololo". Lirik yang menjadi populer di tahun 2010-an ini, ternyata tak terlalu menarik perhatian orang saat baru pertama kali diperlihatkan ke publik.

3 dari 6 halaman

Berkat Cucu

Saat video "Mr Trololo" diunggah pertama kali pada akhir 2009 dan menjadi viral pada 2010, Eduard Khil sama sekali tak menyadari popularitasnya ini.

Untunglah sang cucu kemudian mengabarkan hal ini padanya. "Kakek, lagumu populer lagi, aku melihatnya di internet," tutur Eduard Khil dalam sebuah wawancara, menirukan ucapan sang cucu.

4 dari 6 halaman

Popularitas yang Ironis

Popularitas yang tiba-tiba kembali datang saat Eduard Khil berusia 70-an tahun, membuatnya begitu terkaget-kaget. Ia takjub melihat wajahnya tiba-tiba terpampang di kaus dan gelas mug sebagai "Mr Trololo", termasuk di Amerika Serikat. Mr Trololo juga sempat dihadirkan sebagai cameo dalam serial animasi populer Family Guy.

Hanya saja, ia merasa ada yang ironis dengan popularitasnya ini. "Dia berkelakar bahwa ia tak menerima sepeser kopeck (satuan uang Rusia) pun. Dia merasa optimistis, positif, sekaligus ironis dalam waktu bersamaan," tutur teman Eduard Khil, Mikhail Sadchikov.

Setelah popularitasnya kembali meroket, Eduard Khil banjir tawaran manggung dari sejumlah negara. Namun, ia lebih memilih untuk tampil di konser dan TV Rusia saja.

5 dari 6 halaman

Meninggal karena Stroke

Eduard Khil hanya sebentar mencicipi manisnya popularitasnya sebagai Mr Trololo. Pada 4 Juni 2012, ia meninggal dunia di usia 77 tahun karena stroke.

Kabar duka ini menyentak warga Rusia, bahkan Presiden Vladimir Putin pun ikut memberikan ucapan belasungkawa. "Vladimir Putin mengungkapkan belasungkawa pada keluarga dan teman dari penyanyi bariton Rusia Eduard Khil, yang meninggal di St Petersburg hari ini," begitu isi pengumuman dari Kantor Kepresidenan Rusia di hari kematian Eduard Khil.

Artikel Selanjutnya
Eduard Khil Tampil sebagai Google Doodle Hari Ini, Siapa Dia?
Artikel Selanjutnya
Google Assistant Bisa Bicara Bahasa Indonesia di Aplikasi Allo