Sukses

Derita Artis-Artis K-Pop yang Jadi Korban Haters

Liputan6.com, Seoul - Hallyu atau Korean Wave tidak dapat dibendung dan telah menyebarkan budaya pop Korea Selatan. Penggemar produk Korea ini juga berada di seluruh dunia, tak ketinggalan di Indonesia.

Sederet idola ternama hingga aktor juga artis sudah dikenal luas, mulai dari Big Bang, Song Joong Ki atau Kim Tae Hee. Biasanya, penggemar akan mendukung karier para artis ini, termasuk memberikan masukan positif hingga hadiah menunjukkan kerja keras mereka dihargai.

Sebagai artis, mereka juga sadar bisa berhadapan dengan haters atau yang biasa disebut anti-fans. Lebih mengerikan, haters di Negeri Ginseng melakukan tindakan nekat, sampai melakukan hal merugikan.

Beberapa dari artis K-Pop ini sampai menderita akibat haters. Siapa saja mereka?

1 dari 6 halaman

Yoon Eun Hye

Yoon Eun Hye yang juga mantan personel Baby V.O.X yang juga seorang artis ini memiliki banyak anti-fans. YEH, sebutan bagi Yoon Eun Hye ini pernah diserang menggunakan pistol air yang diisi kecap dan cuka pada awal debutnya. Hal ini menyebabkan Yoon Eun Hye langsung dilarikan ke rumah sakit karena serangan tersebut tepat mengenai mata.

Yoon Eun Hye (Pinterest)

Selain itu, Yoon Eun Hye juga pernah dikabarkan menjual diri demi mendapatkan tambahan uang. Kabar Yoon Eun Hye menyeruak karena namanya masuk dalam daftar sederet nama seleb di Korea Selatan yang terlibat dalam prostitusi pada 2013 silam. Akibat pemberitaan tersebut, nama Yoon Eun Hye pun sempat tercemar.

Beruntung, jaksa wilayah di Seoul, Korea Selatan, langsung membersihkan nama Yoon Eun Hye. Berdasarkan pengumuman yang dikeluarkan pengadilan setempat di Negeri Ginseng mengungkapkan, artis papan atas tak terlibat dalam skandal tersebut,

2 dari 6 halaman

Yunho `TVXQ`

Yunho adalah personel TVXQ yang mengalami nasib malang. Salah seorang haters menyamar sebagai penggemar yang memberikannya sebuah minuman, ada yang menyebutkan berupa jus jeruk tapi ada juga yang mengatakan kopi, kepada Yunho.

Yunho pun meminumnya hampir setengah gelas. Ternyata, Yunho merasakan ada yang salah setelah meminum pemberian penggemarnya. Yunho langsung pingsan dan dilarikan ke ruang gawat darurat. Bahkan, Yunho sempat muntah darah, dilansir dari Naver.

Yunho `TVXQ` (Nate)

Beruntung Yunho bisa diselamatkan. Sejak itu, Yunho dikabarkan sempat tak mau meminum jus jeruk atau kopi dalam waktu yang cukup lama.

Sudah jatuh tertimpa tangga, setelah hampir diracun, Yunho juga terus diserang haters. Akhirnya, si pelaku pemberi 'minuman' itu akhirnya tertangkap. 

3 dari 6 halaman

Jay Park

Jay Park pernah mendapat ancaman saat masih menjadi leader 2PM pada 2009 lalu. Anti-fans menemukan posting lama di akun Myspace milik Jay yang berisi "Korea is gay. I hate Koreans" (Pria Korea penyuka sesama jenis. Aku benci Korea).

Kalimat yang ditulis pada 2005 itu menjadi senjata bagi anti-fans dan lebih dari tiga ribu orang menandatangani petisi 'Jaebum Should Commit Suicide' agar Jay bunuh diri. Akibatnya, Jay harus kembali ke Amerika dan akhirnya memutuskan keluar dari 2PM.

Jay Park (Pinterest)

Hinaan-hinaan yang dilontarkan di Internet oleh anti-fans menyebabkan munculnya tekanan psikologis. AKhirnya, Jay Park memutuskan keluar dari 2PM hingga kontrak kerjanya dengan JYP Entertainment berakhir pada 2010 silam. Jay Park memilih untuk kembali ke negara tempat ia dibesarkan yaitu Amerika Serikat.

“Pada masa itu, semakin banyak yang membicarakan masalah ini, maka simpang siur dan kesalahpahaman pun jadi marak," ujar Jay Park.

4 dari 6 halaman

Kan Mi Yeon

Haters sangat kejam saat menyerang Kan Mi Yeon, seorang mantan anggota girl band Baby V.O.X. Kan Mi Yeon menjadi target serangan anti-fans karena ia dirumorkan berkencan dengan member boyband terkenal yang juga Leader H.O.T Moon Heejun.

Kan Mi Yeon (Pinterest)

Dalam sebuah wawancara, Kan Mi Yeon mengatakan bahwa sepanjang 1999, dirinya sering kali menerima "surat dari fans" yang berisi potongan silet, dengan maksud agar ia melukai tangannya sewaktu membuka surat tersebut.

Terkadang juga surat tersebut bersamaan dengan gambar-gambar Kan Mi Yeon di mana dalam gambar tersebut matanya terlihat seperti dicungkil. Bahkan, Kan Mi Yeon juga mendapatkan surat lain yang ditulis dengan darah.

5 dari 6 halaman

Taeyeon `Girls Generation`

Publik sempat kaget dengan Taeyeon 'Girls Generation' yang dikabarkan menjalin asmara dengan Baekhyun `EXO`. Taeyeon mengharapkan hubungan cintanya dengan Baekhyun mendapatkan restu dari berbagai pihak. Namun fans Baekhyun justru berubah menjadi haters Taeyeon.

Taeyeon `Girls Generation` [foto: Pinterest]

Akhirnya, Taeyeon harus menerima kenyataan pahit. Saat berpacaran dengan Baekhyun, Taeyeon terus diserang haters. Bahkan di media sosial, Taeyeon mendapatkan kritikan pedas hingga hinaan, termasuk sebutan tak tahu malu.

Taeyeon tak tahan dengan semua penderitaan itu. Pada 2014 silam, sambil meneteskan air mata, Taeyeon sempat mengatakan maaf selama beberapa kali saat bertemu dengan fans yang menanti di bandara. Beberapa penggemar yang melihatnya merasa sedih dan kasihan menyaksikan Taeyeon yang seperti mengiba, dilansir dari Naver.

Artikel Selanjutnya
Video Syur Beredar, Keponakan Ashanty Stres
Artikel Selanjutnya
Terlibat di Album Ini, Siti Badriah Dimanfaatkan oleh Juniornya?