Sukses

Kemendikbud Gelar Festival Film Dokumenter Pelajar 2017

Para pemenang Festival Film Dokumenter Pelajar 2017 akan diumumkan pada perhelatan AFI 2017.

Liputan6.com, Jakarta Pusat Pengembangan Film Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan kegiatan pembekalan untuk 20 konsep karya terbaik Festival Film Dokumenter Pelajar 2017.

Mengusung tema Kemaritiman, acara dibuka oleh Sekjen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Didik Suhardi, Ph.D dan Kepala Pusat Pengembangan Perfilman Kemendikbud, Dr. Maman Wijaya di Ballroom Hotel Alila Pecenongan, Jakarta Pusat, 7 September 2017 lalu.

Kegiatan pembekalan materi dokumenter ini dilaksanakan selama tujuh hari dari 7 September hingga 13 September 2017 yang diikuti oleh 20 tim (57 pelajar) seluruh Indonesia yang karyanya lolos seleksi awal.

Pada tahap seleksi awal, peserta Festival Film Dokumenter Pelajar mengirimkan proposal karyanya ke Pusbangfilm yang dikumpulkan dari pertengahan Juli hingga pertengahan Agustus 2017.

Lebih dari 100 proposal yang masuk, meski dalam jangka waktu pendaftaran hanya satu bulan, ini menandakan animo para siswa SMP/SMA sederajat di Indonesia terhadap kegiatan perfilman khususnya film dokumenter cukup tinggi.

"Materi yang diberikan kepada para nominasi ini adalah pendalaman tentang dokumenter, penyutradaraan dalam dokumenter, tata kamera dalam dokumenter, tata suara film, serta editing film," ujar Barly, penata kamera film Banda the Dark Forgotten Trail yang menjadi salah satu pembimbing pembekalan.

Produser film Toba Dreams, Rizaludin Kurniawan, juga hadir sebagai narasumber acara tersebut. Dia mengatakan sangat mendukung Pusbangfilm Diknas dalam memberikan pembekalan dan pendampingan pelajar-pelajar yang berminat dalam dunia film.

"Agar nanti produksi film pelajar semakin banyak sehingga bisa membuat festival film pelajar tersendiri terpisah dari Apresiasi Film Indonesia (AFI ) atau Festival Film Indonesia (FFI) yang sudah rutin," ujarnya.

Pada hari terakhir, pemateri dari Kemenko Maritim, Asisten Deputi Bidang Budaya, Seni dan Olahraga Maritim Kosmas Harefa, menambah wawasan peserta tentang Kemaritiman Indonesia. Sebab, kegiatan ini adalah bentuk kegiatan kerja sama antarkementerian, yaitu Kemendikbud, Kemenko Maritim, serta Kementerian Pariwisata.

Kegiatan Festival Film Dokumenter Pelajar 2017 ini merupakan sebuah terobosan yang dilaksanakan Pusbangfilm dalam menyelenggarakan sebuah festival film pelajar berskala nasional. Nantinya, penentuan tiga pemenang dan pemberian anugerah dilakukan pada perhelatan AFI 2017.

"Mudah-mudahan, tahun depan Pusbangfilm dapat memfasilitasi 200 pelajar untuk mengikuti kegiatan pembekalan seperti ini, sehingga semakin tersebar duta-duta kreator film Indonesia ke seluruh Indonesia," ujar Dini Indrawati Simbolon, SH, Kasubbid Apresiasi dan Penghargaan Pusbangfilm.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini