Sukses

6 Rahasia Kisah Tragis Princess Disney yang Penuh Magis

Liputan6.com, Jakarta Film animasi Disney banyak memberikan mimpi indah, tak hanya kepada anak-anak tapi juga orang dewasa. Cerita yang ditampilkan Disney membuat penonton terhipnotis dengan kisah hidup karakter di dalamnya.

Karakter yang ditampilkan Disney hadir tak hanya besutan dari sang maestro, Walt Disney, tapi juga diambil dari beberapa cerita rakyat atau legenda di berbagai negara, khususnya benua Eropa. Lihat saja, kisah mengenai Cinderella yang disebut-sebut berasal dari Prancis pada abad ke-17.

Atau mitos Yunani mengenai kehadiran Hercules yang merupakan anak dari Dewa Zeus. Hercules oleh Hera yang jahat dijadikan manusia. Namun Hercules masih sedikit memiliki kekuatan Dewa.

Dalam beberapa cerita aslinya, ternyata ada beberapa kisah tragis dalam film animasi Disney. Seperti apa ceritanya?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Tak Mau Menggunakan Nama Budak

Tiana merupakan karakter Princess dalam film Princess and The Frog (2009). Disney kembali mengadaptasi kisah dari Brother Grimm, mengubah sedikit ceritanya.

Jika dalam versi aslinya, The Frog Prince bercerita tentang petualangan katak mencari cinta sejati. Katak yang terkena kutukan itu langsung berubah menjadi pangeran saat dicium sang puteri.

Tiana dalam Princess and the Frog (2009)

Namun dalam Disney, ceritanya menitikberatkan pada Tiana, putri yang ternyata ikut terkena imbas akibat mencium katak. Tiana berubah menjadi makhluk amfibi itu.

Tiana harusnya bernama Madeline atau Maddy. Namun banyak yang protes dengan nama Madeline karena dianggap sebagai nama budak Afro Amerika, diwartakan The Huffington Post. Disney pun mengubahnya menjadi Tiana.

3 dari 7 halaman

Pembunuhan di Film Disney

Snow White, Princess Disney pertama dalam klasik Disney yang tampil dalam film Snow White and the Seven Dwarfs pada 1937 silam. Snow White menjadi salah satu Princess Disney terpopuler hingga saat ini, seolah tak lekang oleh waktu.

Salah satu hal yang paling mengerikan di film Princess Disney adalah pembunuhan. Dalam cerita Snow White, sang ibu tiri dengan kejam menyuruh pembunuh bayaran menghabisi nyawa sang putri.

Padahal, Snow White digambarkan sebagai gadis yang baik dan lugu, membuat siapapun melihatnya langsung jatuh cinta. Namun cerita asli Snow White ternyata tak memberikan kisah bahagia.

Snow White

Dalam kisah yang diangkat Disney, Snow White akhirnya berhasil hidp bahagia bersama pangeran yang menyelamatkannya. Di cerita yang tertulis dalam Brothers Grimm, Snow White ternyata menuntut balas terhadap kekejaman sang ratu.

Snow White mengundang The Evil Queen di acara pernikahannya dengan sang pangeran. Snow White yang berhasil merebut tahta memaksa sang ratu memakai sepatu dari besi panas, membuatnya menari hingga tewas.

4 dari 7 halaman

Ciuman Paksa di Sleeping Beauty

Sleeping Beauty merupakan film animasi besutan Disney yang rilis 1959 silam memberikan mimpi manis kepada penonton. Sang putri bernama Aurora yang dikutuk oleh penyihir jahat tertidur selamanya setelah terkena jarum dalam mesin penyulam.

Aurora pun disembunyikan ke dalam hutan terpencil, ditemani oleh tiga peri baik hati. Namun takdir menyedihkan tetap datang, Aurora terkena jarum membuatnya tertidur. Akhirnya, pangeran tampan dalam film animasi menyelamatkannya.

Puteri Aurora dalam Sleeping Beauty

Sang pangeran mencium putri yang tertidur. Aurora terbangun, jatuh cinta kepada sang pangeran. Keduanya hidup bahagia.

Sleeping Beauty ternyata merupakan cerita rakyat dari mulut ke mulut. Kisahnya dibuat 1330 dan 1344 oleh Perceforest. Pertama kali dibukukan 1528.

Di versi aslinya, pangeran sempat memperkosa Aurora. Bahkan, sang putri sampai hamil hingga melahirkan dua orang anak kembar. Setelah melahirkan, sang putri terbangun.

5 dari 7 halaman

Sang Puteri yang Berubah Kejam

Cinderella versi Disney memberikan akhir cerita bahagia. Cinderella akhirnya berhasil menikah dengan sang pangeran, menjadi ratu di kerajaan itu.

Namun versi aslinya, ada sisi gelap mengenai kekejaman yang dilakukan Cinderella. Setelah menjadi ratu, Cinderella membunuh ibu tirinya yang selama ini memperlakukannya dengan kejam.

Selain itu, kakak tiri sampai harus memotong jari kaki agar ukuran sepatunya pas dengan sepatu kaca. Sungguh mengerikan!

Cinderella

Sebagai informasi tambahan, Cinderella disebut-sebut sebagai kisah dongeng tertua di dunia. Sempat disebutkan ada dalam naskah Yunani kuno dan pernah tercatat dalam abad ke-1. Cerita Cinderella diyakini dibuat oleh pengarang bernama Strabo.

Ceritanya mirip dengan kisah Cinderella yang kini diketahui publik, mengenai seorang gadis bernama Rhodopis. Namun sandal milik Rhodophis dicuri burung elang, ditemukan oleh seorang raja, dilansir listverse.

 

6 dari 7 halaman

Ajarkan Mencuri

Aladdin merupakan film animasi Disney yang rilis 1992 silam. Ceritanya mengenai seorang pemuda yang terpaksa mencuri untuk menyambung hidup, bertemu dengan putri Sultan. Namun dia memiliki hati yang bersih.

Aladdin menjadi budak oleh pamannya yang jahat untuk mengambil lampu ajaib yang memiliki kekuatan sihir di sebuah gua keramat. Hanya orang berhati jujur bisa masuk ke dalam gua tersebut.

Gua yang penuh dengan harta karun itu ternyata runtuh, membuat Aladdin terperangkap di dalamnya. Beruntung Aladdin bisa menyelamatkan diri. Dengan lampu ajaib yang bisa mengabulkan permintaan, Aladdin ingin melamar putri Sultan, Jasmine, menjadi istrinya.

Puteri Jasmine dan Aladdin (1992)

Aladdin pun menyamar sebagai pangeran. Meski ada halangan dari penasihat raja yang jahat, Aladdin bisa bersama wanita yangdicintainya. Namun dalam versi aslinya dalam buku 1001 Malam oleh Aladdin Antoine Galland yang dibukukan dalam bahasa asing di abad ke-18, memiliki cerita yang kejam.

Saat Aladdin bertemu dengan penyihir jahat yang ingin mengambil Jasmine, dia tak segan-segan membunuh. Aladdin menjadi orang yang jahat karena cinta, menikam penyihir jahat tepat di jantungnya.

7 dari 7 halaman

Penculikan hingga Pelarian Diri

Tangled, menceritakan tentang kisah putri berambut panjang yang tinggal di menara tinggi, Rapunzel. Tangled yang ditayangkan 2010 silam memiliki kisah yang berbeda dari Rapunzel yang biasa dikisahkan.

Tangled mengambil kisah mengenai Rapunzel yang tinggal bersama wanita yang mengaku ibunya. Padahal, wanita itu adalah penyihir yang ingin tetap muda dengan sihir di rambut Rapunzel.

Cerita mengenai Rapunzel diambil dari cerita yang dikarang Brothers Grimm asal Jerman pada 1812 silam. Dalam cerita Disney, Rapunzel dan pria yang berhasil memasuki menaranya bisa bertemu. Pria tersebut pun berhasil mengajak Rapunzel melihat dunia.

Tangled

Namun di cerita aslinya, pria yang memanjat menara Rapunzel justru terjatuh, membuatnya terkena duri di antara mawar hutan. Akibatnya, pria tersebut menjadi buta.

Lebih mengenaskan lagi, pria tersebut ternyata buta. Akhirnya, dia berkelana di dalam hutan yang gelap sambil meraba-raba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini