Sukses

Banyak Kekurangan, Mama Apip Harus Gantung Mic dari SUCA 3

Sementara itu, Ate SUCA 3 akhirnya mampu membalas dengan aksi stand up comedy yang lebih apik.

Liputan6.com, Jakarta Babak 25 Besar Stand Up Comedy Academy 3 (SUCA 3) Indosiar akhirnya dimulai. Total sebanyak 25 komika yang masih bertahan di kompetisi, kembali harus bertarung di grup masing-masing yang sudah diacak. Grup 1 pun tampil perdana pada live delay yang berlangsung Rabu (20/9/2017) tadi malam.

Grup 1 sendiri dihuni oleh Ate (Lampung) anak didik Awwe, Mama Apip (Jakarta) anak didik David Nurbianto, dan tiga komika sekaligus dari tim Mosidik yaitu Karyn (Medan), Zaka (Makassar), dan Sertu Munawir (Gowa). Nama terakhir sempat gantung mic di Babak 28 Besar lalu, namun masuk kembali setelah dipilih juri lewat wildcard.

Lantas, bagaimana jalannya pertarungan Grup 1? Dan anak didik siapakah yang harus gantung mic di grup pertama babak 25 besar SUCA 3 ini? Berikut ulasannya.

Setelah sempat mendapat kritikan pada penampilannya di babak sebelumnya, Ate akhirnya mampu membalas dengan aksi stand up comedy yang lebih apik. Ia dinilai tampil santai oleh Mudy Taylor yang duduk sebagai juri tamu. Komentar ini disetujui juga oleh Jarwo Kwat. Pak Jarwo melihat penampilan Ate kali ini jauh berbeda dari sebelumnya. Ia nampak rileks dan sudah seperti layaknya komika profesional. Semuanya oke di mata juri yang sering diusili pengisi SUCA 3 tersebut.

Berbeda dengan Ate, Karyn justru nampak kehilangan magisnya. Dianggap kuda hitam yang harus diwaspadai para pesaingnya, komika termuda di SUCA 3 (usianya baru 10 tahun) ini sayangnya tampil kurang menggigit. Seperti diakui Raditya Dika. Menurut Raditya, aksi stand up comedy-nya kali ini 'kurang Karyn'. Boris Becker menyarankan Karyn untuk belajar lagi dan memperbaiki kesalahan pada penampilannya jika lolos nanti.

Saran Boris itu sepertinya malah sudah dieksekusi komika nyentrik, Zaka. Si pemilik rambut kribo ini kembali menuai pujian atas penampilannya. Abdel melihat Zaka lebih bertenaga, hingga dirinya dan penonton jadi bisa lebih menikmati aksinya kali ini dibanding minggu lalu. Sementara Raditya hanya mengkritik soal kurang ekspresifnya Zaka lantaran tertutup lebatnya rambut yang ia miliki.

Aksi memikat Zaka sayangnya tak diikuti rekan setimnya, Sertu Munawir. Mengaku tengah tak fokus lantaran masalah keluarga, penampilan Sertu Munawir kali ini nyaris berantakan. Untungnya, premis cerita yang ia tampilkan cukup menarik. Abdel pun tak segan memuji Sertu Munawir karena sangat profesional dan bisa menyelesaikan tugas di panggung SUCA 3.

Nasib kurang beruntung pun diterima Mama Apip yang harus gantung mic dari Grup 1. Tempo terlalu lambat, gaya bicara tak beraturan, dan penyampaian yang dinilai kurang, serta progres di tiga penampilan yang tak cukup berkembang menjadi salah satu alasan para juri akhirnya mengeliminasi ibu dari Afif Xavi, komika jebolan SUCA 2 lalu tersebut. Mama Apip sendiri sebelumnya masuk posisi bottom two bersama Sertu Munawir.

Selanjutnya, akan ada Grup 2 dengan lima komika yaitu Nury (Banjarnegara), Ovil Putra (Kendari), Nopek (Madiun), Faizal (Jombang), dan Jojo (Binjai) yang akan tampil di babak 25 besar SUCA 3. Aksi stand up comedy mereka bisa disaksikan malam ini mulai pukul 20.00 WIB, hanya di Indosiar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.