Sukses

Endah N Rhesa Menilai Dangdut Seperti Ini

Liputan6.com, Jakarta - Endah N Rhesa mengakui kekagumannya terhadap musik dangdut. Endah, sang vokalis sekaligus gitaris bahkan mengungkapkan bahwa musik dangdut ternyata tidak semudah yang ia kira. Untuk itu, dirinya mengaku bahwa dangdut menjadi satu jenis musik yang sampai saat ini tidak berani untuk dibawakan Endah N Rhesa. 

"Wah belum berani aransemen dangdut mesti belajar dulu. Begitu kita melihat bang Rhoma tahun lalu sama Soneta-nya, wah rumit banget," kata Endah saat ditemui di Jakarta, baru-baru ini.

Endah juga membahas soal teknis musik dangdut yang dianggapnya cukup sulit. Meski begitu, ia berharap Endah N Rhesa suatu hari bisa membawakan dan mengaransemen musik rakyat tersebut.

Endah n Rhesa

 

"Bicara teknis musik, dangdut itu mengadaptasi instrumen musik tradisional dengan berbagai pola rhythm yang cukup rumit. Kalau mengadaptasi rhythm itu di gitar atau bass secara teknis itu akan susah dan harus bisa inovasi. Mungkin suatu hari kami bisa saja, tapi harus mengolah dan menimba ilmunya dulu," lanjut Endah.

Dalam kesempatan itu, Endah bahkan mengakui penyesalannya selama ini tidak pernah mendengar musik dangdut. Hingga pada Synchronize Fest tahun lalu yang menampilkan Rhoma Irama bersama Soneta, pandangan Endah terhadap dangdut berubah total.

Endah N Rhesa

"Jadi bukan under estimate musik dangdut. Saya sempat menyesal karena dulu saya enggak pernah nonton dangdut, tapi benar-benar merubah persepsi saya ketika saya melihat Rhoma irama. Kalau dianalisa lebih dalam, sulit sekali mendapatkan grup yang seperti ini," katanya lagi.

"Ternyata musik yang sangat kompleks dari dulu, saya terus terang membutuhkan waktu lama untuk memainkannya. Jadi harus belajar dulu," tutup vokalis Endah N Rhesa.

Artikel Selanjutnya
Tulus Semakin Tertantang Jadi Juri Pencarian Bakat
Artikel Selanjutnya
Proyek Bersama Andin Komalla dan Surya Sahetapy, Anak Dewi Yull