Sukses

Pandji Pragiwaksono Ungkap Kisah Pahit Tur Dunia Lewat Buku

Komika Indonesia Pandji Pragiwaksono telah meluncurkan buku terbarunya berjudul Persisten.

Liputan6.com, Jakarta - Komika Indonesia Pandji Pragiwaksono telah meluncurkan buku terbarunya, Persisten, yang berkisah tentang cerita di balik layar tur dunia ke-2 yang dijalaninya di 24 kota di lima benua.

"Saya sudah empat kali tur dunia, jadi saya ingin orang tidak hanya tahu kisah manisnya, tapi juga pahit di belakangnya," kata Pandji dalam acara peluncuran buku Persisten di Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Pandji yang juga dikenal sebagai penulis skenario dan penggerak kegiatan sosial tersebut juga mengungkapkan bahwa Persisten juga lahir untuk menunjukkan kegigihannya melakukan tur dunia sebagai komika Indonesia.

"Saya ingin menunjukkan bahwa cita-cita itu tidak boleh mengambang. Jadi, kalau orang mau go international bisa, tapi harus ada usaha terus-menerus, enggak menyerah, harus persisten," kata dia.

Sementara persistensinya dalam menyelenggarakan tur dunia merupakan pembuktian bahwa komika dapat hidup dari lawakan, asalkan dia profesional dan mampu menjual karyanya dengan baik.

"Seratus persen kali ini tur dilakukan dalam bahasa Indonesia karena ini sudah saatnya bahasa Indonesia mendunia. Orang Korea saja bisa terkenal pakai bahasa Korea, kenapa kita enggak bisa?" kata dia.

Tur dunia ke-4 bertajuk "Juru Bicara" dilakukan di 24 kota di lima benua, yang dibuka di Shanghai, China, 2 April 2016 dan ditutup di Jakarta pada 10 Desember 2016.

Kisah-kisah di balik layar tur dunia itu ditulis dalam 169 halaman, diceritakan secara ringkas, tapi padat berdasarkan hasil wawancara penulis pendamping Muhammad Husnil dengan Pandji dan sebelas komika Indonesia yang menjadi pembuka dalam lawakan tunggalnya.

Buku Persisten menandai publikasi karya ke-8 Pandji yang diterbitkan Bentang Pusaka. (Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini