Sukses

Siapa Bilang Jadi Artis K-Pop Enak? Ini 6 Fakta Mengenaskan

Liputan6.com, Seoul - Menjadi terkenal dan kaya bisa jadi impian bagi beberapa orang. Saat membicarakan mengenai artis atau seleb, yang terlintas di pikiran adalah cara mudah untuk mendapatkan semua hal yang membahagiakan di dunia.

Bayangkan mereka menjadi pusat perhatian. Selain itu, perlakuan khusus juga kerap kali didapatkan, di tengah masyarakat melebihi masyarakat biasa.

Namun kenikmatan itu ternyata sebanding dengan risiko yang dihadapi sebagai artis, termasuk seleb K-Pop. Fans di Negeri Ginseng atau penggemar K-Pop memiliki aturan tersendiri yang bisa menentukan hidup dan mati artisnya.

Salah satunya, Jay Park, sempat dikucilkan dari dunia hallyu setelah bergabung dengan 2PM. Itu karena Jay Park yang lama tinggal di Amerika Serikat sempat mengucapkan kata-kata tak enak dan menyinggung tentang dunia artis KPop.

Ia pun keluar dari 2PM pada 2010 silam, sempat mengungsi ke AS untuk menghindari kontroversi lebih lanjut.

1 dari 6 halaman

Tampil Profesional dalam Keadaan Apapun

Sebagai artis, tuntutan tampil profesional selalu datang. Dalam berbagai kesempatan, idola diharapkan bisa menunjukkan kemampuan totalnya dalam keadaan apapun. Meski baru saja mengelami keadaan tak menyenangkan di atas panggung, acara harus tetap dilanjutkan.

Misalnya, Girls Generation mengalami kesulitan bernapas akibat asap yang keluar dari kembang api yang menjadi properti mereka. Personel Girls Generation yang paling terlihat menderita adalah Seohyun, Taeyeon, dan Hyoyeon. Mereka berusaha tetap tampil ceria dengan senyuman indahnya meski harus berjuang melawan batuk dan sesak napas.

Girls Generation

Suara batuk dari mulut mereka masih terdengar melalui microphone. Bahkan, beberapa dari personel Girls Generation juga tetap menjaga vokal mereka meski di tengah kepulan asap.

Selain itu, Girlsfriend beberapa kali jatuh beberapa personel terjatuh di atas panggung akibat hujan yang mengguyur tempat mereka beraksi. Tampaknya, mereka tak bisa menyeimbangkan tubunya saat menari akibat panggung yang licin. Tapi, mereka tetap bersikap profesional dengan melanjutkan penampilan.

G-Friend

Meski tampak menyakitkan karena berkali-kali terpeleset dan jatuh, para personel G-Friend tetap menunjukkan profesional kerja mereka. Terbukti mereka kembali bangkit dan tersenyum melanjutkan penampilan dengan hingga akhir.

2 dari 6 halaman

Berhadapan dengan Penggemar Militan

Menghadapi penggemar adalah hal yang paling menyenangkan bagi artis. Mereka akan mengucapkan terima kasih dan menunjukkan rasa cinta dengan menyapa fans. Sayangnya, beberapa penggemar ada yang sangat berlebihan menanggapi idola. Penggemar tipe ini disebut fans militan atau sasaeng.

G-Dragon merupakan salah seorang idola K-Pop yang sering kebanjiran tawaran menjadi model. Beberapa dari sasaeng fan dengan nekat menerobos kediaman seleb. Bahkan, ada juga yang mencuri barang pribadi mereka untuk disimpan atau dijual kembali. Salah satunya, dialami G-Dragon yang pernah menemukan beberapa sasaeng fans yang bersembunyi di dekat kediaman G-Dragon `Big Bang`.

G-Dragon `Big Bang`

Hal ini juga dialami personel CNBLUE, Jonghyun. Dalam sebuah wawancara, Jonghyun teringat dengan penggemar militan. Menurut Jonghyun, sasaeng fans memiliki sikap yang menyebalkan hingga masuk ke dalam ruang pribadi sang artis.

"Tak lama setelah CNBLUE debut, saya berlatih vokal di asrama kami. Sayaterus gagal meski mencoba keras. Saya sempat frustasi. Tiba-tiba, saya mendengar sesorang tertawa geli di dalam lemari. Saya pun membukanya dan melihat seorang penggemar di asrama kami," ujar Jonghyun memulai ceritanya, diwartakan Naver.

Jonghyun `CNBLUE`

CNBLUE makin bersinar hingga Taiwan, "Saat saya masih terheran-heran, penggemar itu langsung melarikan diri. Ia hanya bilang, `kerja bagus, sayang.` Saya terus mengingatnya hingga saat ini."

3 dari 6 halaman

Serangan Haters

Biasanya, penggemar akan mendukung karier para artis ini, termasuk memberikan masukan positif hingga hadiah menunjukkan kerja keras mereka dihargai.

Sebagai artis, mereka juga sadar bisa berhadapan dengan haters atau yang biasa disebut anti-fans. Lebih mengerikan, haters di Negeri Ginseng melakukan tindakan nekat, sampai melakukan hal yang merugikan.

Yang paling parah dialami Yunho. Salah seorang haters menyamar sebagai penggemar yang memberikannya sebuah minuman. Ada yang menyebutkan berupa jus jeruk tapi ada juga yang mengatakan kopi, kepada Yunho, dilansir dari Pann.

Yunho `TVXQ`

Yunho pun meminumnya hampir setengah gelas. Ternyata, Yunho merasakan ada yang salah setelah meminum pemberian penggemarnya. Yunho langsung pingsan dan dilarikan ke ruang gawat darurat. Bahkan, Yunho sempat muntah darah, dilansir dari Naver.

Yunho `TVXQ` (Nate) beruntung Yunho bisa diselamatkan. Sejak itu, Yunho dikabarkan sempat tak mau meminum jus jeruk atau kopi dalam waktu yang cukup lama.

4 dari 6 halaman

Pedasnya Komentar Negatif

Idol juga harus tahan menghadapi komentar pedas atau negatif dari beberapa orang. Bahkan, mereka merisak lewat kata di akun media sosial.

Hal itu dialami Taeyeon ketika berhubungan dengan Baekhyun `EXO`. Awalnya, Taeyeon mengharapkan hubungan cintanya dengan Baekhyun mendapatkan restu dari berbagai pihak. Namun fans Baekhyun justru berubah menjadi haters Taeyeon.

Taeyeon `Girls Generation`

Taeyeon `Girls Generation` [foto: Pinterest] Akhirnya, Taeyeon harus menerima kenyataan pahit. Saat berpacaran dengan Baekhyun, Taeyeon terus diserang haters. Bahkan di media sosial, Taeyeon mendapatkan kritikan pedas hingga hinaan, termasuk sebutan tak tahu malu.

Taeyeon tak tahan dengan semua penderitaan itu. Pada 2014 silam, sambil meneteskan air mata, Taeyeon sempat mengatakan maaf selama beberapa kali saat bertemu dengan fans yang menanti di bandara. Beberapa penggemar yang melihatnya merasa sedih dan kasihan menyaksikan Taeyeon yang seperti mengiba, dilansir dari Naver.

5 dari 6 halaman

Karyawan Kontrak

Menjadi idol tak ubahnya seperti karyawan kontrak. Saat memulai debut atau menjadi trainee di sebuah agensi, idol harus membalas jasa dengan bekerja di bawah kontrak.

Sayangnya, ada agensi di Korea Selatan yang dianggap tak adil melakukan kontrak yang kejam terhadap artisnya. Akhirnya, ada artis asuhannya yang memilih hengkang, berakhir dengan drama.

Hal itu dialami TVXQ. Awalnya, TVXQ merupakan group idol yang terdiri dari lima cowok tampan ini, Changmin, Yunho, Junsu, Yoochun, dan Jaejoong, melakukan debut 2004 silam dan menjadi boy band paling ternama di KPop sepanjang sejarah.

TVXQ saat masih lima personel

Namun, 2009 silam, tiga dari personelnya, Junsu, Yoochun, dan Jaejoong, memilih hengkang dari TVXQ karena honor yang tak adil.

SM Entertainment, manajemen yang menaungi TVXQ, sempat sengit hingga sempat menjegal JYJ dalam berkarier di dunia musik. Selama tiga tahun pertarungan antara JYJ dengan SM Entertainment, akhirnya, JYJ bisa lepas dari sangkar emas.

Artikel Selanjutnya
Ayu Ting Ting Ngamuk, Ada Apa?
Artikel Selanjutnya
Rina Nose akan Jalani Taaruf?