Sukses

Raka Optimistis Usung Musik Pop Klasik

Liputan6.com, Jakarta - Memadukan musik pop dengan orkestra sebenarnya bukan sebuah formula yang aneh. Banyak buktinya, pop dan orkestra bisa dikombinasikan dan menghasilkan lagu-lagu yang diterima telinga pecinta musik. Josh Groban menjadi contohnya.

Namun sayangnya, formula ini masih jarang dilirik dan dipakai oleh musikus Tanah Air. Dan peluang ini sepertinya yang dilihat penyanyi pendatang baru bernama Raka. Lewat single perdananya berjudul "Untuk Selamanya", Raka mencoba menyuguhkan musik pop dengan balutan orkestra yang indah.

Josh Groban (dok. Warner Bros records.com)

"Saya memilih musik orkestra karena tim dan produser melihat, nyawa dan ruh lagu "Untuk Selamanya" jadi lebih mengena di pendengar," kata Raka, saat ditemui di Jakarta, baru-baru ini.

Meski musik pop orkestra masih jarang dilirik oleh musikus Tanah Air, Raka optimistis musiknya bisa diterima. Baginya, genre musik sebenarnya bukan hal utama sebuah karya diterima atau tidak. Namun karya yang baiklah yang biasanya bisa masuk ke telinga siapapun, tanpa mempedulikan genre.

"Menurut saya, anak muda saat ini tidak terlalu mempermasalahkan jenis atau genre lagu. Karena pada dasarnya kita menyukai sebuah lagu jika lagu tersebut dapat mewakili perasaan pendengarnya. Sebagai contoh lagu "A Thousand Years" milik Christina Perry, dengan aransemen orkestra juga, yang sampai saat ini masih abadi di kalangan anak-anak muda," jelas Raka.

Raka (istimewa)

Lagu "Untuk Selamanya" diciptakan sendiri oleh Raka. Lagu ini bercerita mengenai sejoli yang dimabuk cinta. Lewat lagu yang ia ciptakan sendiri, pemilik nama lengkap Raka Septira Pratama ini ingin memberikan warna tersendiri pada karya-karyanya.

"Cinta yang indah kan selalu terjaga tanpa saling menyakiti dan meyakini bahwa cinta akan menuntun dan menyatukan mereka menuju kebahagiaan," ujar Raka.

Artikel Selanjutnya
12 Band Kolaborasi di Album Urban GiGs X Unreleased Project
Artikel Selanjutnya
Soul Sisters Ingin Menaikkan Standar Girl Band Indonesia