Sukses

Jadi Model Majalah Bareng Orangutan, Luna Maya Dikecam

Alih-alih mendapat pujian, foto Luna Maya bersama orangutan justru menerima kecaman dari Borneo Orangutan Survival (BOS) Foundation.

Liputan6.com, Jakarta - Niat untung malah buntung. Peribahasa itu tampaknya pas untuk menggambarkan kondisi yang tengah dialami Luna Maya saat ini.

Singkat cerita, Luna Maya baru-baru ini didapuk menjadi model sampul salah satu majalah pernikahan, Herworld Brides. Kali ini Luna Maya mendapat kesempatan spesial berpose bersama seekor orangutan.

Luna Maya foto bareng orangutan.

Sayangnya, alih-alih mendapat pujian, Luna Maya justru menerima kecaman dari Borneo Orangutan Survival (BOS) Foundation. Sebuah organisasi non-profit Indonesia yang didedikasikan untuk konservasi orangutan Borneo dan habitatnya.

BOS Foundation merasa kecewa dengan ditampilkannya orangutan dalam sampul majalah tersebut. Pasalnya, orangutan merupakan salah satu satwa langka yang dilindungi undang-undang.

"Tidak selayaknya orangutan diperlakukan seperti ini, dipromosikan sebagai hewan peliharaan atau mainan!" ujar BOS Foundation dalam akun Instagram mereka, Selasa (3/10/2017).

Meski hanya sebagai model, Luna Maya turut terkena imbasnya. Kekasih Reino Barack itu dianggap ikut memanfaatkan orangutan di media.

Luna Maya

"@Lunamaya adalah tokoh publik dan seharusnya membantu meningkatkan kepedulian akan isu penting nasional dan global seperti pelestarian orangutan," lanjut mereka.

Tidak hanya BOS Foundation, para warganet pun ikut mengecam dan menyayangkan keadaan ini. 

Klarifikasi Her World Brides

Sementara itu melalui Public Relations & Business Communications Manager Herworld Brides, Asteria Elanda membantah bahwa foto Luna Maya bersama dengan orangutan seperti yang diunggah di Instagram pernah menjadi cover majalah Her World Brides Indonesia. Majalahnya sendiri telah diterbitkan pada 23 September 2017 lalu.

Untuk pemotretan sendiri sudah dilakukan pada 25 April 2017 lalu. "Pemotretan itu pun dilakukan atas kerjasama dengan Bali Zoo di lingkungan Bali Zoo. Tentunya dengan seijin dan pengawasan petugas kebun binatang yang merupakan ahli satwa," tulis Asteria Elanda dalam keterangannya kepada Liputan6.com, Kamis (5/10/2017).

Namun meski begitu, pihak Her World Brides Indonesia memohon maaf jika ada pihak-pihak yang tidak berkenan dengan penayangan foto Luna Maya bersama orangutan. "Kritikan yang ditujukan pada kami, kami menerimanya sebagai masukan dan evaluasi tim redaksi ke depannya," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini