Sukses

Tampan dan Terkenal, 6 Artis K-Pop Ini Punya Gangguan Mental

Liputan6.com, Jakarta Menjadi artis ternama di Negeri Ginseng seolah menjadi dambaan bagi beberapa orang. Hidup nyaman dan mapan menjadi salah satu alasan.

Selain itu, menjadi seleb ternama di sana telah mengantungi popularitas yang tak diragukan lagi. Menjadi artis Korea biasanya dianggap sebagai paket lengkap, harus serba bisa.

Itu yang menyebabkan beberapa orang rela menjadi trainee--sebutan calon artis--berlatih koreografi dan menyanyi, serta berakting. Setelah terkenal, jalan pun juga tak mudah seperti kelihatannya.

Seleb ternama di Korea Selatan harus bisa mempertahankan prestasi. Jika tidak, akan mulai memudar dan tergantikan oleh pendatang baru yang punya kemampuan lebih dibandingkan seniornya.

Belum lagi, seleb harus menghadapi haters, orang yang selalu memberikan kritik hingga pendapat negatif. Wajar saja, kondisi itu menyebabkan beberapa artis tertekan hingga depresi.

Rupanya beberapa artis ternama Korea Selatan ini mengalami masalah psikologis dan mental yang cukup berat. Siapa saja mereka?

1 dari 7 halaman

T.O.P `Big Bang`

Sosok T.O.P. member Big Bang dikenal berbakat, tampan dan terkenal, membuat beberapa orang iri. Namun T.O.P rupanya hanya manusia biasa, ternyata juga mengalami depresi dan serangan panik.

T.O.P `Big Bang` (YG Entertainment)Pada 2008, T.O.P dilaporkan menghadapi serangan panik dan depresi. Namun T.O.P tak terlalu mau membicarakannya di depan publik, masih menutupi apa yang pernah dia rasakan.

T.O.P `Big Bang` (Pinterest)

Pada 2017 ini, T.O.P tersandung skandal barang haram. Saat melakukan wajib militer, T.O.P tertangkap tangan menghisap ganja.

Merasa malu dan depresi, T.O.P yang dikenal dengan suara husky-nya di Big Bang itu sempat melakukan percobaan bunuh diri. Akhirnya, T.O.P langsung dilarikan ke unit gawat darurat karena kondisinya yang disebut mengkhawatirkan. Beruntung, T.O.P bisa selamat dan telah pulih total.

2 dari 7 halaman

Lee Joon

Lee Joon mengaku dirinya pernah mengalami ganguan mental. Mantan personel MBLAQ itu menderita insomnia atau kesulitan untuk tidur. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis, dilansir dari KDramastarz, baru-baru ini.

Menurut Lee Joon, insomnia yang ia derita akibat stres dan juga bipolar. Lee Joon memiliki kondisi psikis yang ditandai dengan perubahan suasana hati yang sangat ekstrem, (bipolar) yang berlawanan yaitu kebahagiaan (mania) dan kesedihan (depresi) mendadak.

Lee Joon (Naver)

Akhirnya, Lee Joon sampai mengalami insomnia atau sulit tidur. Lee Joon hanya tidur 40 menit dalam 24 jam. Hal itu membuat kegiatannya menjadi terganggu.

"Saya sama sekali tak memiliki waktu beristirahat. Saya menderita bipolar. Namun tak banyak yang mengetahui masalah yang saya alami," ujar Lee Joon saat diwawancarai Newsen.

3 dari 7 halaman

G-Dragon `Big Bang`

Pentolan Big Bang, G-Dragon memang menjadi sorotan tak hanya karena bakat musiknya yang membuatnya jago mengarang lagu--termasuk Fantastic Baby (2012)--tapi juga gaya busananya. G-Dragon memang selalu berhasrat untuk tampil unik

Namun, tak banyak yang mengetahui, G-Dragon ternyata sempat mengalami depresi. Dalam sebuah variety show, G-Dragon mengungkapkan semua perasaannya setelah single "Heart Breaker" dianggap plagiat dengan lagu Flo Rida berjudul "Right Round". Akhirnya, banyak orang yang memberikan kritikan kepada idola bernama asli Kwon Ji Young ini.

G-Dragon `Big Bang`

"Aku tidak melakukan kesalahan atau berbuat kriminal. Tapi, aku diperlakukan seperti seorang penjahat. Itu membuatku depresi selama beberapa waktu," ungkap G-Dragon, diwartakan Nate.

Dengan mata berkaca-kaca, G-Dragon sempat menghindar dari publik. Selain itu, dia juga tak mau berbicara dengan orangtua dan teman-temannya. Dia pun bahkan menarik diri dari pergaulan, merasa sangat kesepian.

4 dari 7 halaman

Park Hae Jin

Park Hae Jin mengalami depresi hingga membuat kariernya sempat berantakan. Park Hae Jin bahkan sempat mengalami perawatan akibat depresi dan kecemasan yang dialaminya.

Park Hae Jin kala itu berada dalam kondisi di mana perasaannya merosot jauh hingga menjadi muram, sedih, dan tertekan secara berlebihan. Akibatnya, Park Hae Jin bebas tugas dari wajib militer yang harus ia lakukan.

 Park Hae Jin

Namun netizen--pengguna internet--menuduh Park Hae Jin sengaja melakukan itu semua untuk menghindari wamil. Menurut hukum militer Korea, setiap orang yang telah dirawat selama enam bulan di pusat rehabilitasi dibebaskan dari wamil.

5 dari 7 halaman

Lee Byung Hun

Lee Byung Hun saat muncul dalam Healing Camp 2013 silam mengakui dirinya mengalami depresi dan panic attacks. Saat itu, Lee Byung Huh akan kesulitan bernapas disertai jantung yang berdegup kencang saat merasa sangat takut dengan kecemasan yang ada di dalam pikirannya.

 Lee Byung Hun

"Saat itu, drama Beautiful Days yang saya perankan sangat populer. Tapi saya justru nggak merasa senang, saya menderita depresi. Itu rasanya seperti terjebak di sebuah ruangan kecil hingga sulit untuk membuka mata. Hal yang paling membahagiakan saat saya tertidur. Saya baru sadar jika saya mengalami depresi," ujar Lee Byung Hun.

Meski depresi yang ia derita telah menghilang, dia masih harus berhadapan dengan panic attacks. Semua itu terjadi jika Lee Byung Hun berada di kerumunan bersama orang-orang yang tak ia kenal.

6 dari 7 halaman

Cha Tae Hyun

Cha Tae Hyun mengalami gangguan mental seperti yang diderita Lee Byung Hun yaitu panic attacks atau kecemasan. Biasanya, penderita akan mengalami jantung yang berdegup dengan kencang, pusing hingga sulit bernapas.

 Cha Tae Hyun

"Saya mengalami masalah ini ketika mengetahui seorang aktor memerankan drama yang menjadi saingan beratku. Semua ini mengenai persaingan berat," ujar Cha Tae Hyun.

Cha Tae Hyun mengungkapkan, serangan itu bisa sangat parah. Cha Tae Hyun pernah pingsan sebelum terbang dengan pesawat. Ia juga harus dilarikan ke rumah sakit sebelum konser ketika panick attacks menyerang.

Artikel Selanjutnya
5 Idola K-Pop Ini Punya Hobi Unik
Artikel Selanjutnya
Tak Perlu Bugil, Artis-Artis Hollywood Ini Tetap Seksi di Film