Sukses

Joko Anwar: Pengabdi Setan Sukses karena Bioskop

Liputan6.com, Jakarta - Sutradara Joko Anwar mengungkapkan rahasia kesuksesan film Pengabdi Setan bukan sekedar mampu menebar ketakutan kepada penonton. Peran bioskop dalam menayangkan film bergenre horor itu hingga mengumpulkan 2,1 juta penonton dalam 14 hari juga sangat menentukan.

"Kalau bioskop tidak memberi kesempatan kepada film nasional yang laku, mustahil ada film yang ditonton hingga 1 juta orang," kata Joko Anwar saat ditemui di Jakarta, Rabu (12/10/2017).

Menurut Joko Anwar, manajemen bioskop menjalankan sistem dengan sangat adil dan memposisikan semua film, baik impor maupun nasional, pada kedudukan yang sama. 

"Dalam hal ini, jika ada film yang memang diminati penonton, maka pihak bioskop akan memberi kesempatan lebih banyak. Sebaliknya, jika film tersebut tidak diminati, maka pihak bioskop tidak segan-segan menurunkan film tersebut," Joko Anwar melanjutkan.

Karena profesionalitas, diakui Joko Anwar, maka bioskop menempatkan film sebagai komoditas. Jika penonton banyak, maka bioskop menyediakan layar lebih banyak.

"Kalau bioskop tidak memberi kesempatan kepada film nasional yang laku, mustahil ada film yang ditonton hingga 1 juta orang. Bahkan, ada pula bioskop yang memiliki 4 sampai 5 layar dan seluruhnya menayangkan film Indonesia," dia memungkas.