Sukses

Lagu Sayang Via Vallen Disebut Mirip Lagu Jepang

Liputan6.com, Jakarta Via Vallen, pedangdut koplo yang melejit lewat lagu "Sayang" dikenal dengan kemampuan vokalnya. Lagu "Sayang" seolah bersahabat di telinga pun mendadak dinyanyikan oleh banyak orang.

Lagu "Sayang" dirilis 24 Februari 2017, sering diputar di radio atau televisi. Sangat terkenal, video "Sayang" ditonton lebih dari 63 juta di situs berbagi video YouTube sampai hari ini.

Via Vallen juga berhasil mendapatkan penghargaan bergengsi, Penyanyi Dangdut Solo Wanita Terpopuler versi Indonesian Dangdut Awards 2017. Penyanyi bernama lengkap Maulidia Octavia ini mengalahkan Ayu Ting Ting.

Namun kabar tak sedap tengah mewabah di dunia maya. Lagu "Sayang" milik Via Vallen disebut-sebut mirip dengan lagu Jepang di era 1990-an dengan judul "Kiroro Mirae".

Kiroro, duo Jepang yang menyanyikan

Lagu "Kiroro Mirae" dirilis 1998 silam. Namun baru mulai diunggah di YouTube sekitar tahun 2004-an. Lagu "Kiroro Mirae" dinyanyikan oleh duo Kiroro, ada di album Nagai Aida ~Kiroro no Mori~.

Bagi penggemar budaya pop Jepang, lagu ini tak asing lagi di telinga karena dianggap sebagai legenda. Akhirnya, banyak fans yang menuding lagu "Sayang" melakukan plagiat terhadap lagu "Kiroro Mirae".

Setelah didengar, di awal lagu "Sayang" memang sekilas melodi atau kord lagu agak mirip dengan "Kiroro Mirae". Bedanya, lagu "Sayang" memiliki tempo yang lebih cepat dengan musik dangdut. Di bagian tengah lagu  berbahasa Jawa itu juga ada imbuhan rap. Sementara, "Kiroro Mirae" terdengar lembut dengan dominasi alunan piano dan gitar.

 

1 dari 2 halaman

Reaksi Netizen

Lagu "Kiroro Mirae" menceritakan tentang kasih sayang seorang ibu terhadap anaknya. Lirik lagu menyentuh mengenai cinta seorang ibu yang akan diberikan seumur hidup untuk anaknya, mulai membesarkan hingga mendidik, serta tak lupa doa yang terus tercurah.

"Banyak sekali kenangan indah saat mendengarkan lagu ini. Masa kecilku sangat indah," tulis akun Muhammad yang mengaku berasal dari Malaysia.

Kolom komentar lagu "Kiroro Mirae" ternyata dipenuhi dari pengguna Indonesia. Mereka menuliskan mencari lagu ini setelah mendengar "Sayang" yang dinyanyikan Via Vallen.

Via Vallen (Liputan6.com/Helmi Afandi)

"Apa cuma aku yang kesini cuma gara gara dengar lagu Via Vallen - sayang ?" komentar akun dengan nama Fajar.

Beberapa warganet menyebutkan, curiga dengan lagu "Sayang" yang dinyanyikan Via Vallen terdengar bersahabat di telinga. Apalagi, beberapa melodinya juga mengingatkan pada sebuah lagu.

"Aku kerja di perusahaan Jepang, dan setiap pagi di putar lagu ini untuk shift pagi saat masuk kerja dan malam ketika pulang. Lagunya enak liriknya mirip lagu Via Vallen. Mungkin Via Vallen mencontoh lagu ini," tulis pengguna Imul.

Mnegutip dari media online Musik Pantura.com, lagu "Sayang" diciptakan Anton Obama dan Via Vallen hanya mempopulerkan. 

Artikel Selanjutnya
Bikin Fans Heboh, Teaser Lagu Baru BTS Ditonton 9 Juta Kali
Artikel Selanjutnya
Cerita Unik di 5 Lagu Baru Maliq & D'Essentials