Sukses

Harvey Weinstein Diusir dari Academy, Artis Hollywood Girang

Produser Harvey Weinstein diusir oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences, pihak penyelenggara Piala Oscar.

Liputan6.com, Los Angeles - Kasus pelecehan seksual yang diduga kuat dilakukan oleh produser Harvey Weinstein kepada para aktrisnya, berujung pada tindakan pahit. Belum lama ini dikabarkan bahwa bos Miramax itu akan dikeluarkan dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences, lembaga film yang menggelar ajang Academy Awards atau Piala Oscar.

Disampaikan The Guardian, Minggu (15/10/2017), ini merupakan sebuah langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya. Seluruh anggota mengambil tindakan kepada Harvey Weinstein tersebut setelah menggelar pertemuan khusus yang diadakan di Los Angeles pada Sabtu (14/10/2017) pagi.

Hayao Miyazaki masuk ke dalam daftar 271 kandidat yang dipilih oleh The Academy of Motion Picture Arts and Sciences.

Dewan pihak Academy mengatakan, "Kami melakukannya bukan hanya untuk memisahkan diri dari seseorang yang tidak pantas dihormati rekan-rekannya tapi juga untuk mengirim pesan bahwa era ketidaktahuan yang disengaja dan keterlibatan yang memalukan dalam perilaku predator seksual dan pelecehan di tempat kerja di industri kami sudah berakhir."

"Apa yang menjadi masalah di sini adalah masalah yang sangat meresahkan yang tidak memiliki tempat di masyarakat kita. Dewan terus berupaya menetapkan standar perilaku etis yang bisa diharapkan oleh semua anggota Akademi," lanjut pernyataan mengenai Harvey Weinstein tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kegembiraan Artis Hollywood

Mereka yang mendukung keputusan tersebut adalah Mia Farrow, aktris yang putranya, Ronan, menulis artikel di New Yorker mengenai tiga wanita diduga diperkosa oleh Harvey Weinstein. "Bangga TheAcademy! Harvey Weinstein keluar," kata Mia di Twitter.

Mia Farrow

Sementara itu Emmy Rossum yang merupakan bintang Shameless, menulis, "Amin, The Academy!" Sementara aktor Hellboy, Ron Perlman, berkicau, "Sebagai anggota Academy of Motion Picture Arts and Sciences, saya bangga dengan keputusan mereka untuk mengusir Harvey Weinstein."

Harvey Weinstein (65) sendiri menghadapi tuduhan melakukan pelecehan seksual dari sekitar 24 wanita dengan laporan tiga pemerkosaan. Ia telah meminta maaf karena telah "menimbulkan banyak rasa sakit".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.