Sukses

Soal Kemiripan Logo dengan Tribeca Festival, Ini Kata Panitia FFI

Logo FFI 2017 akhirnya direvisi.

Liputan6.com, Jakarta Logo Festival Film Indonesia (FFI) 2017 sempat menjadi sorotan publik. Pasalnya bentuk tulisan ajang perfilman tertinggi di Indonesia itu dianggap mirip dengan bentuk tulisan dalam logo Tribeca Film Festival.

Demi meluruskan kesimpangsiuran kabar yang sudah terlanjur tersebar, Riri Riza selaku Ketua Juri FFI 2017 pun memberikan penjelasan mengenai hal tersebut. "Itu sudah diakal-akalin supaya enggak mirip Tribeca," jelasnya di kawasan Thamrin, Jakarta, Selasa (24/10/2017).

Menegaskan pernyataan Riri Riza, Totot Indarto selaku Wakil Ketua FFI 2017 mengungkap bahwa logo tersebut sudah sempat direvisi. "Itu kesalahan manusiawi. Ketika disamain itu, kami enggak bisa diem. Kemudian saya minta kepada orang yang urus itu untuk merevisi," tegasnya. Bila dilihat dalam tulisan FFI yang telah direvisi, garis lurus yang menghubungkan kata Festival Film Indonesia memang telah diubah menjadi garis putus-putus. 

Kendati demikian, Totot Indarto pun tak sungkan untuk mengutarakan permintaan maaf akan kelalaian pihak FFI 2017 akan kesamaan bentuk logo festival tersebut. "Saya sendiri juga luput mengawasi jadi apa lagi yang bisa saya lakukan selain minta maaf," ungkapnya.

Lebih lanjut Totot mengungkapkan bahwa kelalaian ini terjadi mungkin karena pihak penyelenggara FFI 2017 merasa lelah, hingga tak memperhatikan detail akan logo acaranya itu.

"Saya enggak punya jawaban yang ilmiah yang keren yang berdasarkan hukum atau apa karena kesalahan itu bisa terjadi kapan saja. Semua tergantung referensi orang. Mungkin kami capek sampai tidak memperhatikan hal-hal kecil seperti itu. Pembuatnya mungkin melakukan kesalahan," paparnya. 

 

Pernyataan itu pun kembali dipertegas oleh Ketua FFI 2017, Leni Lolang. Menurutnya kesamaan akan kreativitas itu dapat dimaklumi, tetapi Lena menjelaskan bahwa kesamaan hanyalah dalam bentuk tulisan bukan logo dari FFI itu sendiri.

"Oke ada kesamaan. Kreativitas itu sangat maklum. Sebenarnya logo FFI bukan itu. Logonya itu yang bentuknya kaya uget-uget. Itu hanya branding tulisan FFI, typografi," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini