Sukses

Wakil Singapura Tersenggol di Grup 3 Top 36 D'Academy Asia 3

Liputan6.com, Jakarta - Setelah dua wakilnya berturut-turut harus pulang, akhirnya Brunei Darussalam bisa bernapas lega di malam ketiga Konser Top 36 Dangdut Academy Asia 3 (D'Academy Asia 3). Jagoan mereka di Grup 3 akhirnya berhasil lolos ke babak selanjutnya, usai mengungguli poin wakil Singapura di penjurian.

Brunei tadinya terancam bakal kembali kehilangan wakilnya setelah Dayat Junaini terus berada di posisi terakhir penjurian. Jumlah poin yang ia terima terus kejar-kejaran dengan dua peserta lain, yaitu dari Singapura dan Thailand. Namun, Dayat akhirnya sukses menempati posisi ke-5 di akhir penjurian. Meraup 440 poin, Dayat unggul enam poin dari Ajul Anwar (Singapura). Nilainya pun hanya terpaut tipis tiga poin di bawah Norman (Thailand).

Dua peserta D'Academy Asia 3, Ajul Anwar dan Fildan. (Instagram)

Dayat Junaini sendiri sebelumnya menyanyikan lagu berjudul "Musik". Komentator dari negaranya, DJ Daffy, mengatakan Dayat tampil sangat enjoy. Ia juga melihat Dayat sudah paham isi lagu hingga penjiwaannya pun bagus. Namun, Dayat diminta harus belajar lagi untuk bisa tampil lebih baik lagi ke depannya jika lolos.

Sementara, Ajul Anwar yang jadi wakil Singapura pertama yang harus pulang, semalam membawakan lagu "Jatuh Bangun" milik Meggy Z. Penampilan Ajul di antaranya dikomentari oleh Iyeth Bustami. Menurut Iyeth, Ajul kurang mengayun lagunya. Ajul juga diminta harus pandai memainkan naik turun nada lebih dulu sebelum menanyikan sebuah lagu.

Dari tuan rumah, Tia AFI yang menyanyikan 'lagu berat', "Mimpi Terindah" tampil sangat menggelegar. Power suaranya yang memang sudah besar, melengking tinggi. Aksinya pun menuai banyak pujian. Namun Soimah mengatakan vokal Tia masih terdengar napas pop. Tia juga sedikit bermasalah dengan artikulasinya yang kurang jelas di beberapa lirik lagu. Soimah meminta Tia untuk memperbaiki di penampilan berikutnya.

Tia AFI (Helmi Afandi/Liputan6.com)

Di babak penjurian, Tia sukses meneruskan dominasi Indonesia sebagai peraih nilai tertinggi. Juara pertama Akademi Fantasi Indosiar musim kedua tersebut meraih total nilai sebesar 518 poin, meninggalkan wakil Malaysia, Waniey Nini cukup lebar. Waniey Nini hanya mendapatkan 469 poin atau unggul tipis 9 poin dengan nilai milik Rafael Tilman dari Timor Leste.

Konser Top 36 D'Academy Asia 3 selanjutnya akan menampilkan Grup 4 yang terdiri dari Baby Shima (Malaysia), Nor Haqeem (Singapura), Alda de Almeida (Timor Leste), Gabriel DAC2 (Indonesia), Hasan Keyboard (Thailand), dan Nazmi Hisyam (Brunei). Akankah jagoan tuan rumah kembali raih posisi terbaik? Jangan lupa saksikan malam ini mulai pukul 19.30 WIB, hanya di Indosiar.

Artikel Selanjutnya
8 Negara Lolos ke Piala Dunia 2018, Suriah Selangkah Lagi
Artikel Selanjutnya
Jadwal Piala AFF U-18, Timnas Indonesia Vs Filipina