Sukses

Syuting di Indonesia, Mengapa Latar Film Beyond Skyline di Laos?

Liputan6.com, Jakarta Film Hollywood Beyond Skyline yang digarap sutradara Liam O'Donnell, memiliki banyak unsur Indonesia. Tak hanya dibintangi oleh Iko Uwais dan Yayan Ruhian, sebagian syuting film ini juga digelar di Indonesia. Tepatnya di Candi Prambanan, Candi Sewu, Air Terjun Sri Gethuk di Gunung Kidul, dan studio film di Batam.

Meski begitu, latar cerita dalam Beyond Skyline sendiri tidak terjadi di Indonesia, melainkan di Laos.

Dalam screening Beyond Skyline yang digelar di Epicentrum Walk, Jakarta Selatan, Jumat (27/10/2017) sutradara Liam O'Donnell menjelaskan bahwa hal ini disebabkan karena Laos telah tercantum sejak awal cerita ini ditulis.

 Liam O'Donnell, sutradara film Beyond Skyline. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

"Ini sebelum kami memutuskan untuk datang ke Indonesia," ujarnya. Ia menyebut, langkah untuk menggelar syuting di Pulau Jawa bahkan baru muncul setelah mereka dipastikan akan menggelar syuting di Infinite Studio, Batam.

Bagi sang sutradara yang juga penulis film Beyond Skyline ini, pemilihan Laos sebagai latar cerita ternyata memiliki sisi personal baginya. "Istri saya berasal dari Laos, dan anak saya bernama Sua," ujarnya. Sua, adalah nama karakter yang dimainkan oleh Iko Uwais.

Ia mengaku sedikit menyesal tidak menampilkan Indonesia sebagaimana mestinya dalam film ini. "Kalau dulu aku tahu hal-hal yang sekarang kuketahui, dan kalau bisa diulang lagi dari awal, aku ingin melakukannya" tutur Liam O'Donnell.

"Indonesia berhak direpresentasikan dalam film dan Laos juga berhak direspresentasikan sebagaimana adanya," ujarnya menambahkan.

Namun tak perlu berlama-lama kecewa, karena Liam O'Donnell kini tengah menyiapkan satu proyek film baru yang akan berlatar Indonesia. "Dan saya rasa filmnya juga akan menggunakan Bahasa (Indonesia)," tuturnya.

 Sumber: IMDb

Sementara itu, Beyond Skyline menceritakan invansi alien ke muka bumi. Mark (Frank Grillo), berjuang menyelamatkan sang anak yang diculik alien. Usaha penyelamatan ini membawanya hingga ke Laos. Di sana ia bertemu dengan Sua (Iko Uwais), seorang gerilyawan yang melawan invansi makhluk asing tersebut.

Beyond Skyline semula akan tayang di Indonesia pada 1 November mendatang, tapi tanggal perilisannya dipercepat menjadi 31 Oktober mendatang.

Artikel Selanjutnya
Miller Khan Senang Main Film yang Diangkat dari Kisah Nyata
Artikel Selanjutnya
Tiga Kali Menulis Film, Ernest Prakasa Belum Berani Pindah Genre