Sukses

Awalnya, Andien Tak Pernah Tahu Indonesia Raya Tiga Stanza

Liputan6.com, Jakarta - Lagu "Indonesia Raya" merupakan lagu kebangsaan negara Indonesia. Setiap warganya pun dengan mudah menghafal dan menyanyikan lagu ciptaan WR Supratman ini. Hanya saja, lagu "Indonesia Raya" yang dinyanyikan kebanyakan orang masih bersifat penggalan lirik.

Hal itu pun baru diketahui penyanyi Andien setelah dirinya terlibat dalam iklan layanan masyarakat yang bertujuan memperkenalkan lagu "Indonesia Raya" versi lengkap, yakni sebanyak tiga stanza.

"Apa sih 'Indonesia Raya' tiga stanza? Ternyata 'Indonesia Raya' itu liriknya enggak hanya seperti yang kita biasa nyanyikan seperti dari kita zaman SD dulu. Itu hanya satu stanza saja," kata Andien di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Senin (30/10/2017).

"Jadi banyak yang tidak tahu, bahkan saya sendiri pun baru tahu ketika saya diajak untuk berkolaborasi dengan Go-Jek bahwa 'Indonesia Raya' itu ternyata terdiri dari tiga stanza," sambungnya lagi.

Dua stanza sisanya, dikatakan [Andien],(3119863 "") memiliki bait-bait dan lirik yang sangat mendalam. Di lagu itu, WR Supratman benar-benar menuangkan doa, janji, dan harapan untuk Indonesia.

"Liriknya juga bagus sekali ada lirik mengenai doa. Ada mengenai harapan, mengenai bahwa bagaimana pulau, antarlaut, antarsuku bangsa, itu bisa bersatu. Kemudian di situ juga terkandung bagaimana janji bahwa kita akan menjaga Indonesia akan tetap abadi," Andien melanjutkan.

Melalui video musik Indonesia Raya 3 Stanza oleh GO-Jek Indonesia, diharapkan generasi muda lebih mengenal sejarah persatuan Indonesia dan menghayati makna yang lekat pada lagu "Indonesia Raya" tiga stanza. 

Artikel Selanjutnya
Galang Siapkan Kejutan, Kirana Buka Rahasia Hubungan dengan Surya
Artikel Selanjutnya
Hamish Daud Cerita Awal Pertemuannya dengan Raisa