Sukses

Syuting Film Laut di Aceh, Sutradara Jepang Ini Dibikin Kaget

Koji Fukuda, sutradara film Laut, mengaku banyak mendapat kejutan ketika syuting di Aceh.

Liputan6.com, Jakarta - Sutradara asal Jepang, Koji Fukuda, baru saja menyelesaikan syuting film terbarunya di Aceh bertajuk Laut (The Man from the Sea). Selama menjalani syuting di kota yang dijuluki Serambi Mekkah itu, Fukuda mengaku banyak mendapat kejutan.

Maklum, sejak awal memutuskan untuk mengambil lokasi tersebut untuk film Laut, Koji Fukuda mengaku banyak kekhawatiran. Apalagi, di Aceh ada peraturan yang harus menghentikan kegiatan ketika azan.

Laut, film kolaborasi Indonesia dan Jepang. (Istihanah Soejoethi)

"Jadi sebelum syuting, pengetahuan saya soal Indonesia terbatas. Lalu di soal waktu dan jadwal syuting yang harus berhenti saat azan, itulah yang saya khawatirkan," ujar Koji di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (7/11/2017).

"Tapi ternyata staf dari Indonesia sangat baik kerjasamanya, jadi syuting berjalan lancar dan saya juga merasa nyaman di sana," lanjut sutradara Laut itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Alami Kendala

Laut, film kolaborasi Indonesia dan Jepang. (Istihanah Soejoethi)

Bukan hanya itu, selama berada di Aceh, Koji Fukuda yang bukanlah seorang muslim mengaku tak mengalami kendala terkait pemberlakuan peraturan dan hukum syariah di sana.

"Enggak ada sama sekali. Karena sebelum syuting kami sudah belajar dan cari tahu dulu seperti apa peraturannya dan beberapa hukum-hukum syariah yang ada di Aceh juga ada di Jepang," pungkasnya.

Menurut Koji Fukuda, berita mengenai peraturan syariah di Aceh terlalu dibesar-besarkan. "Tapi ketika mulai tinggal di sana untuk syuting ternyata tidak seheboh itu. Peraturannya kalau kita dengar di berita kan bikin takut ya. Semua Aceh peraturannya seperti itu. Ternyata itu tidak seperti itu. Itu jadi sisi lain yang didapat dari Aceh," terangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini