Sukses

Camel Petir Anggap Ziarah ke Makam Pahlawan Bukan Seremonial

Liputan6.com, Jakarta Artis yang juga politisi Camel Petir ikut memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November kemarin. Bersama dengan petinggi organisasi Kosgoro, wanita yang memiliki nama asli Amelia Panduwinata Lubis ini melakukan ziarah kubur ke Makam Pahlawan Nasional, Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (10/11/2017). Sebelumnya, Camel melakukan doa bersama sebelum menaburkan bunga.

Beberapa makam yang dikunjungi oleh Camel Petir adalah beberapa Pahlawan Nasional di antaranya Wakil Presiden Ke-3 Adam Malik, Pahlawan Revolusi Ahmad Yani, Siswondo Parman, DI Pandjaitan, serta makam ibu negara ketiga, Hasri Ainun Habibie.

Diakui oleh Camel Petir jika ziarah kubur yang dilakukannya bukan hanya sebatas seremonial semata. Namun, dimaknai sebagai wujud syukur atas jasa pahlawan.

"Semoga nilai-nilai yang kita percaya ini mengajarkan kita kebaikan dan cinta kedamaian, untuk itu mari kita membawa ajarannya pada tataran yang sebenarnya, sehingga dalam mengawal dan menjaga bangsa ini, dapat tercipta rasa aman dan kedamaian secara lahir dan batin," ujar Camel Petir.

 

1 dari 2 halaman

Doa untuk Pahlawan

Camel mengatakan, ziarah ke makam tersebut bukan hanya mengunjungi dan menabur bunga tapi bertujuan untuk memanjatkan doa dan mengingat jasa – jasa pahlawan yang telah gugur mendahului kita.

"Kegiatan ziarah ini mempunyai makna yang mendalam, karena dapat dijadikan sebagai sarana untuk memperkokoh persatuan kesatuan bangsa dan untuk meresapi perjuangan para pahlawan demi kemerdekaan Bangsa dan Negara Indonesia," pungkasnya.

Saksikan Inspirato Bersama 3 Tokoh Inspiratif Indonesia

Tutup Video