Sukses

Jadi Antagonis, Aktor-Aktor Tampan Ini Alami Perubahan Wujud

Liputan6.com, Jakarta Kemampuan akting seorang aktor memang bisa membuat penonton terhenyak, terbuai saat menyaksikan aksinya dalam sebuah film. Namun terkadang, untuk mencapai efek tertentu, dibutuhkan lebih dari kemampuan akting sang aktor saja.

Special Makeup Effects dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai pembuatan efek atau impact yang diakibatkan oleh suatu sebab kejadian atau akibat dari suatu keadaan yang terlihat pada tubuh makhluk hidup.

Efek ini bisa didapat dengan menggunakan metode seni tata rias (makeup) untuk digunakan dalam seni pertunjukan. Seperti contohnya, luka terkena sabetan celurit, efek wajah stres, efek wajah bangun tidur, atau terkena gas beracun, dilansir dari Sfxindo.

Sementara, prosthetic make up atau FX Prosthesis adalah seni tata rias dengan menggunakan atau menambahkan prosthetic (bagian tubuh palsu), untuk mengubah bentuk dan penampilan si aktor. Seperti contohnya: Alien pada film Star Trek dan Star Wars, monster-monster atau zombie.

Joe Taslim saat menjadi Manas dalam Star Trek

Akting dan tata rias spesial untuk aktor akan membuat karakter makin menyatu dan terlihat nyata. Semua itu, membuat film makin menarik disimak. Akibatnya, wajah asli sang aktor tak bisa lagi dikenali.

Saking tidak dikenalinya, beberapa artis ini membuat penonton bingung dengan penampilannya di film Hollywood. Siapa saja mereka?

1 dari 5 halaman

Joe Taslim

Sangat membanggakan, Joe Taslim menjadi satu-satunya aktor Indonesia yang ikut main dalam Star Trek terbaru. Di film fiksi ilmiah ini, wajah tampan Joe Taslim tidak dikenali karena tertutup topeng alien.

Joe Taslim berperan sebagai alien bernama Manas. Joe Taslim mengungkapkan dirinya membutuhkan waktu lima jam untuk berubah menjadi Manas, sama seperti artis Hollywood lainnya, termasuk Idris Elba dan Sofia Boutella.

Manas, salah satu karakter alien di Star Trek Beyond yang dimainkan Joe Taslim. (Paramount Pictures)

Rupanya dandanan Joe Taslim dilakukan oleh Joel Harlow, penata rias terbaik peraih Oscar. Untuk menjadi Manas, Joe Taslim tidak menggunakan topeng.

Joel Harlow menyatukan berbagai bahan tambahan yang terdiri dari delapan bagian di tubuh bintang The Raid ini untuk mengubahnya menjadi alien.

2 dari 5 halaman

Neil Patrick Harris

Jika mendengar nama Neil Patrick Harris biasanya penonton akan teringat dengan karakter Barney yang playboy dalam serial TV How I Met Your Mother. Tapi, penampilan Neil Patrick Harris dalam A Series of Unfortunate Events sama sekali berbeda dengan sosoknya yang dikenal penggemar selama ini.

Dalam serial Netflix A Series of Unfortunate Events, Neil Patrick Harris berubah menjadi pria menyeramkan bernama Count Olaf. Wajah tampannya pun tak bisa dikenali karena perubahan hidung yang mancung dan rambut nyaris botak, tipikal wajah karakter antagonis.

Neil Patrick Harris tak dikenali saat bermain dalam A Series of Unfortunate Events.

Neil Patrick Harris sangat bangga bisa bermain dalam serial itu, dan memerankan tokoh yang dulunya diperankan oleh Jim Carrey tersebut.

Bahkan, ayah dua anak tersebut tak menyangka bisa mengecoh banyak orang dengan perubahan dirinya.

3 dari 5 halaman

Tom Cruise

Tom Cruise biasa tampil memesona, termasuk dalam film ikoniknya, Mission Impossible. Tiba-tiba, Tom Cruise yang tampan berubah menjadi pria botak dan tambun yang serakah dalam film Tropic Thunder.

Tak banyak yang mengetahui kenapa sosok Les Grossman--seorang petinggi Hollywood yang licik--dalam film tersebut menarik perhatian Tom Cruise.

Tom Cruise berubah menjadi pria tua saat berakting dalam Tropic Thunder

Tim produksi sempat heran saat menerima telepon dari bintang Hollywood secara langsung menawarkan dirinya menjadi karakter tersebut.

Penata rias Barney Burman langsung mengubah Tom Cruise menjadi sosok yang tak dikenali. Dengan bantuan silikon--untuk kepala dan tubuh Tom Cruise--karakter Les Grossman yang buruk rupa (jika dibandingkan dengan penampilan asli Tom Cruise) pun muncul.

4 dari 5 halaman

Ralph Fiennes

Ralph Fiennes pernah memerankan penjahat paling kejam di dunia sihir, Voldemort dalam film Harry Potter. Wajah Ralph Fiennes yang tampan dengan hidungnya yang mancung sama sekali tidak bisa dikenali saat menjadi Voldemort.

Voldemort digambarkan sebagai sosok mengerikan dengan bentuk hidung yang rata dan giginya yang kekuningan.

Ralph Fiennes memerankan karakter antagonis Voldemort di film Harry Potter (BBC)

Diceritakan, wajah Voldermort sedikit banyak menyerupai ular. Saat menjadi Voldemort, Ralph Fiennes menghabiskan waktu selama 2,5 jam untuk berdandan.

Ralph Fiennes mengaku tak bisa mengenali wajahnya lagi setelah penata rias bekerja. Bintang Wrath of the Titans ini juga harus memakai gigi palsu yang membuatnya kesulitan saat makan sesuatu selama syuting.

Artikel Selanjutnya
2 Bintang Paling Menyedot Perhatian Pecinta Sinetron Saat Ini
Artikel Selanjutnya
Tak Perlu Bugil, Artis-Artis Hollywood Ini Tetap Seksi di Film