Sukses

Liga Dangdut Indonesia Gelar Audisi di Ternate

Liputan6.com, Ternate - Untuk pertama kalinya audisi Liga Dangdut Indonesia (LIDA) langsung dilakukan di Maluku Utara. Sejauh ini pesertanya cukup banyak, sebagian besar dari pulau-pulau ​Taliabu, Tidore, dan Ternate.

Audisi LIDA akan digelar aula Polres Ternate, Jalan Hasan Esa, Kelurahan Takoma, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate, Minggu (19/11/2019). Margareta Putri, Corporate Relations Indosiar, mengatakan, ada dua tahapan yang akan dilalui masing-masing peserta calon audisi di kota Ternate.

Tim Audisi Liga Dangdut Indonesia (LIDA) saat menyambangi Kedaton Kesultanan Ternate. (Hairil Hiar/Liputan6.com)

"Untuk tahap awal kami lakukan filterisasi suara. Di situ kalau lolos langsung masuk tahap dua yaitu video but. Pada tahap ini akan dites suara peserta menggunakan musik dan kamera, untuk melihat sejauh mana para peserta bisa mengharmonisasikan suara mereka dengan alunan musik dangdut," ujar Margareta, ketika disambangi Liputan6.com, di depan aula Polres Ternate, Kelurahan Takoma, Ternate Tengah, Sabtu (18/11/2019) sore.

Pada tahapan tersebut, tim LIDA akan menguji mental dari masing-masing peserta yang lolos tahap dua saat berada di depan kamera. "Setelah peserta yang lolos melewati dua tahapan tersebut, nantinya dinilai oleh juri di Jakarta. Hasilnya terpilih lima peserta terbaik, yang akan mewakili provinsi Maluku Utara pada tahap tiga di Jakarta," kata Putri, begitu ia disapa.

"Karena itu, peserta yang masuk ke video but ini sangat tergantung pada tahapan awal (suara) dari masing-masing peserta. Jika mereka di tahap awal tidak lolos berarti mereka tidak masuk video but, jika lolos filter pasti masuk video but," sambung Putri.

1 dari 2 halaman

Tak Dipungut Biaya

Putri menegaskan, audisi LIDA tak dipungut biaya alias gratis. Bahkan, dari para peserta yang lolos 5 besar ke Jakarta, tiketnya ditanggung Indosiar.

"Lima terbaik itulah yang akan mewakili provinsi Maluku Utara mengikuti ajang kompetisi gabungan bersama 5 peserta lainnya dari 34 provinsi," jelas Putri.

Putri mengemukakan, dari 5 peserta masing-masing provinsi, di seluruh Indonesia yang terpilih itu, akan disaring lagi hingga menjadi satu peserta terbaik. "Sehingga dari 34 provinsi tersebut akan memiliki perwakilannya masing-masing untuk ajang Liga Dangdut Indonesia di Jakarta," sambung Putri.

Tim pelaksana audisi Liga Dangdut Indonesia (LIDA) saat bertatap muka dengan Kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate. (Hairil Hiar/Liputan6.com)

Bakat yang dicari LIDA yang utama adalah suara. "Untuk kualitas suara itu menjadi persyaratan utama kita dalam melaksanakan audisi Liga Dangdut Indonesia ini. Tentang bagaimana mereka (peserta audisi) bisa menyanyi dangdut dalam cengkoknya, lalu melayunya seperti apa," lanjut Putri.

"Juga untuk musik dangdutnya sendiri, kami akan mencari calon penyanyi dangdut yang punya kolaborasinya seperti ada rock dut, dan jaz dut. Tetapi yang utama kita lihat itu bagaimana kualitas suara dangdut dari masing-masing peserta itu sendiri. Jadi kalau suaranya bagus, pasti lolos," jelas Putri.

Penulis: Hairil Hiar