Sukses

Benarkah Lagu Let It Go di Film Frozen Hasil Plagiat?

Liputan6.com, Los Angeles - Lagu "Let It Go" dari film Frozen yang mendunia kini tengah diperkarakan oleh seorang penyanyi internasional. Penyanyi bernama Jaime Ciero menuntut pihak-pihak yang terlibat dalam lagu itu karena dianggap menjiplak karyanya.

Frozen. foto: huffingtonpost

Dilansir dari TMZ, Kamis (23/11/2017), Jaime Ciero menyebut bahwa "Let It Go" dalam film Frozen jelas menjiplak lagu karyanya yang berjudul "Volar". Lagunya tersebut direkam tahun 2008 dalam bahasa Spanyol.

Dalam tuntutannya, Jaime Ciero menyebut bahwa lagu "Volar" telah mendapatkan kesuksesan secara internasional karena telah didengar jutaan kali dan berhasil menempati posisi puncak dalam sejumlah tangga lagu.

Jaime Ciero menuntut berbagai pihak, termasuk Disney, Idina Menzel sebagai penyanyi dalam film, dan Demi Lovato sebagai penyanyi soundtrack. Jika menang di pengadilan, Jaime Ciero tentu akan mendapatkan royalti dari keberhasilan "Let It Go".

 

1 dari 2 halaman

Kesuksesan

Seperti yang diketahui, "Let It Go" merupakan lagu yang mendukung keberhasilan film Frozen (2013). Film tersebut pun telah mencapai kesuksesan besar dengan meraih pendapatan sebesar 1,2 miliar dolar AS dan menjadi film terlaris sepanjang masa pada Mei 2014.

Bintang Disney tersebut telah mengisi soundtrack film antara lain, TinkerBell, dan Frozen. (AFP/Bintang.com)

"Let It Go" dinyanyikan Queen Elsa dalam film ketika ia akhirnya bisa melepaskan masa lalunya. Disney lantas memilih Demi Lovato sebagai penyanyi soundtrack lantaran punya masa lalu yang kelam seperti Elsa.

"Karena dia (Demi Lovato) punya masa lalu yang kelam dan ketakutan yang mirip dengan Elsa. Kini, ia pun mampu bangkit dan terus melanjutkan hidup dengan kekuatannya sendiri," ujar pencipta lagu "Let It Go", Kristen Anderson-Lopez, melalui sebuah wawancara, ketika ditanya soal alasannya memilih Demi Lovato. 

Artikel Selanjutnya
Lagi, Taylor Swift Sindir Deretan Mantan Kekasih di Lagu Baru
Artikel Selanjutnya
Rajai Inggris, Lagu Baru Taylor Swift Dapat Kritikan Pedas