Sukses

Banyak Keanehan pada Pemenang MAMA 2017, Penggemar Berang

Liputan6.com, Seoul - Mnet Asian Music Awards atau MAMA 2017 hari kedua, telah digelar di Jepang pada Rabu (29/11/2017) kemarin malam. Perhelatan tahunan yang digelar stasiun televisi Mnet ini dimeriahkan oleh sejumlah bintang K-Pop populer seperti ECO CBX, BoA, Monsta X, Wanna One, dan lainnya.

Hadir pula idola ternama Jepang, AKB 48, yang berkolaborasi dengan girl band Korea Weki Meki, Pristin, Fromi_9, dan solois Chungha.

Selain penampilan para artis ini, pengumuman pemenang MAMA 2017 sudah pasti menjadi satu momen yang paling ditunggu-tunggu penggemar. Apalagi, mereka ikut berpartisipasi dalam voting yang menjadi salah satu komponen penentuan pemenang.

Hanya saja setelah penentuan pemenang, para penggemar justru naik darah. Bukan hanya karena jagoan mereka tak menang, tapi karena hasilnya yang dianggap janggal.

Sebelumnya, diumumkan bahwa penilaian MAMA 2017 akan ditentukan dari beberapa komponen. Yakni online voting, pendapat panel juri MAMA, penjualan digital, serta penjualan album fisik.

Namun sejumlah kandidat yang unggul di komponen online voting serta penjualan digital dan album fisik, justru menelan kekalahan.

1 dari 3 halaman

Hasil yang Dipertanyakan

Dilansir dari AllKpop, Kamis (30/11/2017), salah satu kategori yang dipermasalahkan adalah 'Best New Female Artist' yang dimenangkan Pristin. Padahal dalam online voting Chungha unggul dengan 26,6 juta suara, sementara Pristin mengumpulkan 19,8 juta saja. Chungha juga mencatat hasil lebih baik di komponen penilaian lain.

Kategori lain adalah Seventeen yang menang di kategori 'Best Male Group Dance Performance', hanya dengan 3 persen, atau sekitar 2,2 juta suara. Mereka mengalahkan EXO dan BTS yang mengumpulkan lebih dari 30 juta suara.

	Twice dalam MAMA 2017 (Sumber: Soompi)

Sementara di kategori Song of The Year, Twice menang lewat lagu "Signal' yang hanya meraih satu persen suara. Para penggemar juga heran mengapa IU dan G-Dragon yang memiliki angka penjualan tinggi di tahun ini sekaligus mendominasi voting, dikalahkan oleh artis lain.

Tak heran, para penggemar lantas menuntut penjelasan dari Mnet soal hal ini. Tagar berbahasa Korea yang bertuliskan 'evaluasi ulang MAMA' pun menjadi trending topic dunia setelah acara ini ditayangkan.

Hal serupa juga dipertanyakan warganet Korea Selatan. "MAMA tahu ini buruk sekali, tak ada standar, tak ada keadilan. Ada penghargaan yang dibuat-buat hanya untuk dibagikan, buat apa ada voting," tulis seorang warganet yang mendapat 579 upvotes dari pembacanya, seperti dilansir dari Netizenbuzz.

2 dari 3 halaman

Daftar Pemenang MAMA 2017

Sementara itu, berikut daftar pemenang MAMA 2017:

Best New Male Artist: Wanna One

Best New Female Artist: Pristin

Best Asian Style in Japan: EXO-CBX

Inspired Achievement: Akimoto Yasushi

Best of Next: Chungha

Best Dance Performance Female Group: Signal (Twice)

Best Concert Performer: Monsta X

Discovery of the Year: Nu'est W

Mwave Global Fans’ Choice: EXO

Best Male Artist: Zico

Best Dance Performance Male Group: Seventeen

Qoo10’s Song of the Year: Signal (Twice)

Artikel Selanjutnya
Lelah Jadi Bahan Gosip, Prilly Latuconsina Minta Haters Piknik
Artikel Selanjutnya
Momen Manis EXO dengan Penggemar di Music Bank Jakarta