Sukses

Punya Gelar Bangsawan, Ritual Mandi Roro Fitria Dipertanyakan

Roro Fitria mengunggah foto dirinya tengah melakukan sebuah ritual yang membuatnya harus berendam di sebuah kolam.

Liputan6.com, Jakarta - Sudah menjadi rahasia umum, artis Roro Fitria dengan bangga menunjukkan titel dan darah bangsawannya di depan publik. Kanjeng Raden Ayu Tumenggung Nyai Roro Fitria, begitu gelar bangsawan yang membuat nama sang artis menjadi lebih panjang.

Sesuatu yang harus dijaga dan dilestarikan, begitu kata Roro Fitria dalam setiap wawancara. Bahkan, Roro Fitria juga senang melakukan ritual yang diwartiskan Nenek Moyang bangsa Indonesia.

Roro Fitria mengunggah foto tengah melakukan ritual mandi kembang di Instagram.

Salah satunya, melakukan mandi kembang. Di akun Instagram miliknya, Roro Fitria mengunggah foto tengah melakukan ritual tersebut.

Roro Fitria berendam di sebuah tempat yang dianggap keramat. Dengan ditemani bunga yang ditabur di dalam air, Roro Fitria seakan bersemedi. Terlihat Roro Fitria dengan rambut yang disanggul, mengenakan kemben dan rangkaian melati sebagai kalungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mandi Kembang

Foto tersebut memiliki keterangan "Sholat Shubuh, Mengucap syukur atas berkah dan rahmat Allah SWT." Rupanya ritual yang dilakukan Roro Fitria membuat beberapa orang bertanya-tanya.

Adalah akun bernama Roro Mayya, warganet yang mengaku lahir di keraton. Ia bingung melihat ritual Roro Fitria, tak pernah diajarkan melakukan itu semua.

"Saya asli yang lahir di dalam keraton tidak mengenal ritual seperti ini?" tulis Roro Mayya.

Pertanyaan lain oleh akun dengan nama Noel menyeruak. Ia bertanya asal keraton Roro Fitria hingga melakukan ritual tersebut.

"Maaf bu, saya mau tanya. Memangnya, Roro Fitria ini keturunan keraton kah? Kok hidupnya menghesankan kalau ia keturunan keraton dengan segala ritual-ritualnya. Kalau Anda yang asli tidak mengetahui ritual seperti ini, lalu Roro Fitria dari keraton mana?" komentar Noel.

3 dari 3 halaman

Ini Jawaban Roro Fitria

Alih-alih merasa marah dengan pertanyaan itu, Roro Fitria menjawabnya dengan santai. Ia menjelaskan, perbedaan budaya pasti ada di Indonesia, berharap menghormati masing-masing.

Rupanya pertanyaan itu langsung dijawab oleh Roro Fitria yang menuliskan, "matur sembah nuwubn dipun, hormati perbedaan masing-masing budaya."

"Alhamdulillah, Nyai (Roro Fitria) tidak pernah mengganggu siapapun dan Nyai juga selalu bersyukur atas semua gelar kebangsawanan yang diamanatkan dari banyak kerajaan ke Nyai yang keturunan asli Kerajaan Mataram Kuno," Roro Fitria menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini