Sukses

Tak Mau Alami Trauma dalam Persalinan, Enno Lerian Lakukan Ini

Di persalinan ketiga, Enno Lerian sempat mengalami trauma karena mengalami kontraksi selama 35 jam.

Liputan6.com, Jakarta - Enno Lerian baru saja dikaruniai anak keempat yang berjenis kelamin laki-laki dan diberi nama Gema Tyaga Soesetyo. Enno melahirkan Gema di sebuah rumah sakit di Jakarta, Minggu (10/12/2017).

"Assalamualaikum.. Perkenalkan jagoan paling kecil dari #keluargasoesetyo •Gema Tyaga Soesetyo •Lahir pada hari Minggu sore dengan proses persalinan yang paling indah," ujar Enno Lerian di Instagram pribadinya.

Enno Lerian bersama suami dan anak keempatnya. (Instagram)

Namun rupanya, proses persalinan Enno Lerian yang keempat ini berjalan lancar, berbeda dari persalinan yang ketiga. Enno mengungkapkan, di persalinan ketiganya, ia sampai mengalami trauma hebat karena kotraksi selama 35 jam.

"Setiap persalinan itu meninggalkan cerita dan kesan yang berbeda, berbekal pengalaman sebelumnya aku sih punya harapan persalinan kali ini jauh lebih indah dan jauuuuh dari trauma," kata Enno Lerian bercerita.

"Kata siapa hamil kesekian bisa bikin persalinan lebih mudah, memang sih asal kitanya punya 'bekal' dan minimal tahu deh bagaimana proses persalinan itu berjalan. Persalinan ketigaku penuh trauma. 35 jam kontraksi, efek sakitnya panjang, dan tahu kan efek trauma itu bisa bikin depresi," Enno Lerian mengungkap.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persiapkan Tim

Untungnya, persalinan keempat ini, Enno Lerian tak lagi mengalami masalah apalagi tramua. Ia pun berbagi pengalaman kepada kaum Hawa yang akan melahirkan agar berjalan lancar."Sungguh persalinan adalah sebuah kejadian yang efeknya besar banget buat kita seorang ibu," tutur istri Priambodo Soesetyo ini.

Menurut Enno Lerian, penting menyiapkan diri sebelum menjelang persalinan. Salah satu yang penting bagi mantan penyanyi cilik itu, adalah menyiapkan nutrisi.

"Aku ada tim yang selalu memantau nutrisi yang aku konsumsi. Bukan itu saja, aku juga belajar dan melatih napas, belajar latihan-latihan agar tubuh ini siap saat persalinan datang. dan yang paling utama mereka mendampingi aku dari sewaktu hamil sampai proses persalinan terjadi," ungkap Enno Lerian.

"Seperti mak @margreats yang setia nemenin di ruang bersalin nemenin sampai ngajak bercanda. Apapun dilakukan agar aku nyaman saat kontraksi datang," jelas Enno Lerian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini