Sukses

Kaleidoskop: 6 Fakta Tawa dan Air Mata Rina Nose di Tahun 2017

Liputan6.com, Jakarta - Nama Rina Nose berhasil menjadi salah satu topik yang paling banyak diperbincangkan publik di sepanjang tahun 2017. Terlebih ketika presenter kondang itu memutuskan untuk menanggalkan hijabnya, November lalu.

Kritik publik tak henti menghampiri Rina Nose, baik secara langsung maupun melalui media sosial. Kontroversi masyarakat luas pun seakan belum mau pergi pada Rina sampai saat ini.Rina Nose mengungkapkan bahwa keputusan melepas hijab murni dari dalam dirinya. Tidak ada desakan dari pihak lain maupun dari terkait kabar soal percintaan yang beredar belakangan ini. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Berbagai pihak berlomba-lomba mengutarakan pendapat. Sebagian besar mencibir Rina Nose, sedangkan hanya segelintir yang mampu menerima buah pemikiran panjang tersebut dengan lapang dada.

Namun, drama keputusan menanggalkan hijab bukan menjadi kisah satu-satunya yang dialami Rina Nose selama satu tahun ke belakang. Lebih dari itu, perempuan berdarah Sunda tersebut juga melalui sederet pengalaman berharga, soal percintaan, persahabatan, kesabaran, hingga kebahagiaan.

Simak rangkuman suka duka Rina Nose di sepanjang tahun 2017 dalam ulasan berikut ini.

 

 

 

 

 

 

 

1 dari 7 halaman

1. Perang Demi Fakhrul Razi

Rina Nose memulai tahun 2017 dengan bukti kepeduliannya terhadap sang mantan kekasih, Fakhrul Razi. Saat itu, sang mantan tengah menjadi bulan-bulanan publik akibat perkataannya yang dianggap menghina Indonesia.

Rina Nose yang tengah berjauhan dengan Fakhrul Razi beranggapan selalu merasa dekat dengan kekasihnya.

Rina Nose rela membela Fakhrul Razi dengan menanggapi sejumlah komentar negatif warganet di Instagram pribadinya. Menurut Rina, publik tak seharusnya mengujar kebencian atas peristiwa yang tak diketahui.

"bangsa udh ruwet, makanya jgn ditambah ruwet dengan gampang terprovokasi! Karena anda tidak terlibat lgsg dengan peristiwa yg sebenarnya, tapi tiba2 merasa dihina, itu aneh.. saya ngajak yg baik supaya jgn membenci, malah dibilang ngebela yg salah," tulis Rina Nose saat menanggapi salah satu komentar warganet, waktu itu.

Hubungan Rina Nose dan Fakhrul Razi pun terjalin baik hingga kini. Fakhrul Razi yang berasal Brunei Darussalam itu pun beberapa kali berkunjung ke Indonesia dan menghabiskan waktu bersama Rina Nose.

2 dari 7 halaman

2. Hubungan Baik dengan Mantan Suami

Hubungan Rina Nose dengan mantan suaminya, Ridwan Feberani Anwar juga sempat menarik perhatian publik di awal tahun 2017 lalu. Keduanya kerap menunjukkan kemesraan melalui media sosial, hingga melahirkan spekulasi.

Salah satunya adalah foto yang diunggah Rina Nose, 19 Januari lalu. Dalam foto itu, Ridwan berpose jongkok di depan sang mantan, seperti sedang melamar. Rina Nose pun menunjukkan ekspresi kaget.

Tidak sedikit selebriti menjalin hubungan baik dengan mantannya. Baik mantan kekasih maupun mantan suami atau istri. Potret kedekatan bareng mantan, juga terlihat dari Rina Nose dan Ridwan Feberani Anwar. (Instagram/rinanose16)

Sebagian orang berpikir bahwa Rina Nose dan Ridwan Faberani Anwar kan kembali bersama dalam ikatan pernikahan. Namun ternyata, harapan itu harus dikubur dalam-dalam sebab sesungguhnya, mantan pasangan itu sudah sama-sama ikhlas melepas satu sama lain.

Dalam unggahan selanjutnya, Rina Nose menjabarkan soal level move on. Seakan merujuk pada pengalaman pribadinya, presenter itu mengungkap bahwa menjalani hidup sebagai jomblo tak selamanya menyedihkan.

"Belum tentu orang yang sudah disakiti dan ditinggalkan kemudian memilih jomblo dalam waktu lama adalah orang yang susah move on. Bisa jadi justru dia telah mencapai level move on tertinggi dengan merasa baik2 saja dalam keadaan sendiri. Bayangkan, dalam kesendirian aja merasa baik, apalagi kalau sudah memiliki pasangan yang tepat? "Level maha tinggi" Jadi? Yang mana Level mu?" ungkap Rina Nose sebagai keterangan foto.

3 dari 7 halaman

3. Punya Pacar Baru

Perjalanan cinta Rina Nose tak berhenti sampai di situ. Pada pertengahan tahun, Rina Nose muncul dengan kabar baru. Ia diisukan dekat dengan seorang pria bernama Faraj Achmad.

Hal itu dibuktikan dengan sejumlah unggahan di Instagram, Agustus lalu. Dalam sebuah foto, Rina Nose dan Faraj Achmad saling berhadapan di sebuah kawasan bernuansa hijau. Keduanya tengah berbagi tawa. Rina Nose bahkan menutup mulut dengan tangannya, seakan tak mampu menahan geli.

Melalui penelusuran Bintang.com di media sosial, sosok lelaki yang disebut itu beberapa kali mengunggah foto bersama dengan Rina.

Keterangan foto yang diunggah Faraj Achmad itu pun seakan semakin mendukung dugaan publik soal hubungan spesial mereka. "Kamu itu menarik. Menarik dalam segaLa haL. Thx," tulis Faraj Achmad, lengkap dengan emoticon hati.

Namun sayang, Rina Nose tak ingin banyak bicara soal kabar tersebut. "Pokoknya saya enggak mau ngomong itu, entar ribut-ribut, mendingan tunggu tanggal mainnya aja," ucap Rina Nose, saat ditemui di kawasan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, 31 Agustus lalu.

Hingga kini, tak ada konfirmasi secara gamblang soal hubungan itu, baik dari Rina Nose maupun Faraj Achmad. Isu itu pun seakan hilang ditelan bumi dan tak pernah dibahas kembali hingga akhir tahun.

4 dari 7 halaman

4. Perubahan Gaya Berpakaian

Kritik publik mulai menghantui Rina Nose kembali di Agustus 2017. Kali ini, sebagian warganet merasa ada yang berbeda dari gaya berpakaian sang artis.

Dalam sebuah foto di Instagram pribadinya, Rina Nose diprotes lantaran tidak mengenakan kaus kaki. "Cuma saran kaki juga aurat bbrp tampilan cblm lebaran n di comet teh @rinanose16 sudah pakai kaos kaki kenapa sekarang dilepas lagi... alangkah baiknya berhijrah menjadi lebih baik," ujar seorang warganet saat itu.

Perempuan berhijab itu ingin menjaga privasi hubungan asmaranya. Presenter itu tidak mau hubungannya kali ini banyak dicampuri oleh pihak lain. Apalagi, ia mengaku memiliki mantan. (Deki Prayoga/Bintang.com)

Tak terima, Rina Nose pun membalas, "Kalo mau kasih saran sebaiknya kasih saran yang menunjukkan keluasan pikiran... Lagipula, saya yang menentukan apa yang saya pakai. Maaf kalau ga sama yah."

Tak sampai di situ, keputusan Rina Nose dalam mengubah penampilannya pun sampai pada model hijab yang dikenakan. Oktober 2017, hijab Rina Nose yang semula menutupi leher hingga dada berubah menjadi model turban.

Kritik publik kembali membanjiri Instagram pribadi Rina Nose. Sebagian besar merasa bahwa hijab model turban tak pantas dikenakan sang artis. Rina Nose pun seakan tak tahan dengan kritik tersebut dan langsung menonaktifkan kolom komentar.

5 dari 7 halaman

5. Lepas Hijab

Perubahan penampilan yang berlangsung sejak pertengahan tahun 2017 itu ternyata berujung pada keputusan besar Rina Nose di penghujung tahun ini. Perempuan yang lekat dengan kesan humoris itu mantap menanggalkan hijabnya.

Sebuah pernyataan dalam Instagram Rina Nose,9 November 2017, mengejutkan semua orang. Dalam pernyataan panjang tersebut, ia mengaku telah berubah pikiran. "Manusia berubah. Pemikiran berubah seiring peristiwa yang dialaminya. Ketetapan hati pun berubah seiring pengalaman batinnya," begitu kutipan tulisan Rina Nose.

Rina Nose putuskan menanggalkan hijabnya. [foto: instagram/rinanose16]

Kontroversi publik tak henti bergulir sejak pertama kali Rina Nose mengumumkan keputusan itu. Perdebatan hingga spekulasi pun terjadi, termasuk soal sebab di balik pemikiran panjang Rina Nose.

Presenter yang terkenal dengan suara merdunya tersebut sempat dituding mengorbankan hijabnya demi cinta. Sebagian orang bahkan mengira Rina Nose pindah keyakinan.

Perlahan, Rina Nose menepis seluruh tudingan tersebut. Menurutnya, keputusan itu berasal dari pemikirannya sendiri, tak dipengaruhi oleh pihak lain.

"Tapi kalau disangkutpautkan dengan masalah percintaan itu jauh sama sekali, jauh sama sekali, tidak ada ke situ. Karena ini murni pengalaman pribadi aku saja. Murni pencarian aku saja," ujar Rina Nose saat ditemui usai mengisi acara di kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat 9 November 2017.

"Banyak orang mengaggap atau menyebut saya pindah agama/murtad atau atheis. Dan “murtad” adalah sebutan yang sangat tdk enak didengar, jika anda setuju. Terlebih saya seorang muslim. Jadi bagaimanapun, saya pikir konyol tentang sebutan itu. Mohon maaf," tulis Rina Nose dalam klarifikasinya di Instagram, 17 November 2017.

6 dari 7 halaman

6. Menemukan Kebahagiaan

Kontroversi publik soal keputusan Rina Nose menanggalkan hijab seakan tak mampu dihentikan dengan sejuta klarifikasi. Perbedaan pendapat akan selalu ada, tak peduli berapa kali sang idola memberi penjelasan.

Terlihat dari unggahannya di Instagram, Rina nampak mengunjungi berbagai destinasi liburan di sana. Tak jarang ia juga memamerkan kebahagiaannya lewat foto dan video-video singkatnya. (Instagram/rinanose16)

Rina Nose tak gentar dan tetap kuat menghadapi serangan. Sambil membungkam kritik publik dengan menonaktifkan kolom komentar di Instagram, ia bertolak ke London, Inggris, seorang diri.

Melalui perjalanan itu, Rina Nose seakan berhasil lari dari hujatan publik. Hal itu terbukti dari senyum semringah Rina Nose di setiap foto dan video yang merekam perjalanan liburannya tersebut.

Pendapat publik soal keputusan besarnya sebenarnya hanya menjadi penghias perjalanan hidup yang dilalui Rina Nose. Lebih dari itu, sang artis tampaknya telah menemukan kebahagiaan dengan caranya sendiri.

Artikel Selanjutnya
Top 3: Daftar Zodiak yang Setia, Makna Waktu Bangun
Artikel Selanjutnya
Lepas Hijab, Rina Nose Tak Takut Kehilangan Penggemar