Sukses

Kaleidoskop: 6 Film Hollywood Paling Box Office 2017

Liputan6.com, Jakarta - Menyaksikan film-film Hollywood sepanjang tahun 2017, tentunya banyak sudah variasi tontonan yang telah disuguhkan. Bahkan, para penikmat film di Indonesia masih tetap datang ke bioskop demi bisa menikmat film Hollywood karya para sineas Negeri Adidaya itu.

Selain Indonesia, beberapa negara memang masih memberi kontribusi yang sangat banyak terhadap pasar film Hollywood. Sebut saja Tiongkok, Jepang, India, Inggris, Prancis, sampai Rusia. Negara-negara tersebut memberikan ruang bagi film Hollywood untuk meledak di box office.

Spider-Man: Homecoming. (Marvel Studios / Sony Pictures)

Selama 2017, memang cukup banyak film Hollywood yang telah membius penonton dengan berbagai genre, mulai dari drama fantasi, superhero, bahkan hingga laga. Genre superhero pun mulai dilirik oleh banyak orang secara signifikan.

Namun begitu, film-film berjenis laga selalu berhasil meraup pendapatan yang sangat banyak di box office seluruh dunia sepanjang 2017. Bahkan, beberapa film yang laku di seluruh dunia juga terhitung laris di Indonesia.

Melihat ke belakang sejak awal tahun, apa saja film Hollywood paling box office sepanjang 2017 ini? Data yang dikumpulkan Box Office Mojo menjawab semua itu. Berikut rangkuman enam film terlaris di seluruh dunia pada tahun ini.

 

 

 

 

 

 

1 dari 7 halaman

Beauty and the Beast (2017)

Versi hidup sekaligus daur ulang film Beauty and the Beast yang pertama kali dikemas dalam format animasi pada 1991 lalu berhasil dibuat apik kembali oleh Disney. Film yang disutradarai Bill Condon ini menggambarkan ulang kisah Belle dan Beast dengan beberapa perubahan.

Di seluruh dunia, Beauty and the Beast berhasil meraup pendapatan sebanyak US$1,263 miliar sepanjang 2017. Dengan ini, Beauty and the Beast membuat Disney kembali menggalang kesuksesan dalam mendapatkan banyak keuntungan. Film ini bahkan sedang berada di posisi ke-10 film terlaris seluruh dunia sepanjang masa.

Berjenis drama musikal dan fantasi romansa, adaptasi film animasi besutan Disney ini dimainkan secara apik oleh Emma Watson sebagai Belle dan Dan Stevens sebagai Beast. Sampai-sampai, penonton merasakan atmosfer layaknya film animasi klasiknya.

Banyak adegan Beauty and the Beast yang tidak mengurangi penghormatan terhadap film animasinya, hingga pada akhirnya menjadi sebuah mahakarya tersendiri. Beberapa lagu yang dinyanyikan ulang juga menimbulkan suasana yang sangat romantis nan mengharukan.

2 dari 7 halaman

Fast and Furious 8 (The Fate of the Furious)

The Fate of the Furious, itulah judul film kedelapan Fast and Furious saat diumumkan oleh Universal Pictures. Pertama kali mendengar judulnya, para penggemar memang sempat bingung dibuatnya. Namun, beberapa negara, termasuk Indonesia, tak ambil pusing dan tetap menggunakan judul Fast and Furious 8.

Setelah dirilis, Fast and Furious 8 tetap menjadi hits di seluruh dunia. Angka US$ 1,235 miliar pun didapat dari penjualan tiket di seluruh dunia selama 2017 ini. Bahkan, dalam deretan film terlaris dunia sepanjang masa, film ini hanya berada di bawah Beauty and the Beast dan di atas Iron Man 3.

Kehadiran Fast and Furious 8 menjadi satu titik penting bagi fans karena film ini akan menjadi yang pertama kalinya dibuat setelah meninggalnya salah satu aktor utamanya, Paul Walker. Fans pun disuguhi oleh alur cerita baru dengan bintang-bintang lama yang masih bertahan.

Dalam film ini, Dominic Toretto (Vin Diesel) digambarkan sebagai sosok antagonis setelah mengikuti kehendak karakter wanita jahat bernama Cipher (Charlize Theron) yang berhasil membuatnya kembali ke jalan kriminal.

Alhasil, Dom pun harus berseteru dengan Hobbs (Dwayne "The Rock" Johnson), Letty (Michelle Rodriguez) beserta seluruh keluarga Toretto. Cipher sendiri merupakan peretas andal yang akan menjadi antagonis wanita pertama dalam sejarah seri Fast and Furious.

3 dari 7 halaman

Despicable Me 3

Melengkapinya sebagai sebuah trilogi film animasi, Despicable Me 3 mendapat sambutan besar dari para penonton seluruh dunia. Film ini sukses menjadi yang terlaris ketiga sepanjang tahun 2017 dengan pendapatan sebanyak US$1,03 miliar.

Di kancah box office dunia sepanjang masa, Despicable Me 3 berhasil unggul di atas Jurassic Park dan Finding Dory. Film ini juga meraih pendapatan yang sangat banyak di pasar domestik untuk ukuran film Hollywood yang rilis pada 2017, yaitu sebesar US$768,9 juta.

Despicable Me 3 kembali mengisahkan tentang Gru (Steve Carell). Kali ini, ia bertemu dengan saudara kembarnya yang penuh pesona, Dru, yang mengajaknya untuk berkolaborasi dalam sebuah rencana kriminal.

Sementara itu, para Minions memutuskan untuk memberontak dari Gru karena ingin kembali pada identitas sebagai penjahat. Mereka lantas memilih pemimpin baru, Minion Mel.

4 dari 7 halaman

Spider-Man: Homecoming

Dari sekian banyak film superhero adaptasi komik yang dirilis selama 2017, Spider-Man: Homecoming menjadi yang terlaris. Bahkan, siapa sangka film tersebut lebih populer di seluruh dunia ketimbang Wonder Woman?

Film besutan Marvel Studios dan Sony ini sukses mendapatkan angka US$$880,2 juta di seluruh dunia sepanjang 2017. Keberhasilan tersebut membuat Spider-Man: Homecoming sebagai film Spider-Man terlaris kedua setelah Spider-Man 3.

Lebih hebat lagi, Spider-Man: Homecoming sukses menggilas film superhero lain di tangga box office dunia sepanjang masa yang tayang sebelumnya. Sebut saja Batman v Superman: Dawn of Justice, Guardians of the Galaxy Vol. 2, serta Wonder Woman.

Berada di waralaba Marvel Cinematic Universe, Spider-Man: Homecoming berkisah beberapa bulan setelah film Captain America: Civil War. Di sini, Peter Parker remaja sangat terobsesi untuk menjadi anggota Avengers sebagai Spider-Man.

Namun, untuk bisa mencapai semua itu ia harus menjalani misi-misi ringan agar Tony Stark alias Iron Man menerimanya. Namun ketika ia berusaha membuktikan diri dengan menangkap gembong senjata ilegal pimpinan Vulture, Peter harus mengalami hal-hal yang tak diharapkannya.

5 dari 7 halaman

Wolf Warrior 2

Mendengar judulnya, Wolf Warrior 2 tentu sangat asing bagi sebagian besar penonton di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Film produksi Tiongkok ini dibintangi sekaligus disutradarai oleh sineas ternama bernama Wu Jing.

Kesuksesan Wolf Warrior 2 di negaranya sendiri membuatnya berada di posisi ke-55 tangga box office dunia sepanjang masa. Angka US$ 870,3 juta pun didapatkan oleh film berjenis laga yang menyorot patriotisme rakyat Tiongkok ini.

Peraihan tersebut otomatis membuat Wolf Warriors 2 menjadi film Mandarin asal Tiongkok paling laris sepanjang masa. Kepopulerannya tak lepas dari andil para pencinta film di Australia dan Malaysia yang melariskan tiket film tersebut, menurut Jaynestars.com.

Wolf Warriors 2 sendiri berkisah mengenai prajurit Tiongkok bernama Leng Feng yang menangani misi khusus di Afrika. Ia harus menjaga para pekerja medis dari teror para pemberontak setempat serta pedagang senjata api yang kejam.

Selain Wu Jing, Wolf Warrior 2 juga dibintangi aktor Hollywood Frank Grillo dan Celina Jade, serta bintang Tiongkok seperti Hans Zhang dan Wu Gang. Kesuksesan film kedua ini tampaknya menjadi tolak ukur bagi Wu Jing untuk menjadikannya sebuah trilogi. Sekuelnya yang kemungkinan besar berjudul Wolf Warriors 3, dikonfirmasi dalam sebuah adegan mid-credits Wolf Warriors 2.

6 dari 7 halaman

Guardians of the Galaxy Vol. 2

Lagi-lagi Marvel menghipnotis para penikmat film dunia sekaligus penggemar beratnya. Guardians of the Galaxy Vol. 2 yang menyorot sisi kosmis Marvel Cinematic Universe, berhasil meraih pendapatan sebanyak US$ 863,6 juta selama 2017 ini.

Mengejutkan memang melihat film ini berhasil unggul dari beberapa judul yang tayang beberapa hari atau beberapa bulan setelahnya di tahun ini seperti Pirates of the Caribbean: Dead Men Tell No Tales, Wonder Woman, It, bahkan sampai Thor: Ragnarok.

Menelusuri kisahnya, Guardians of the Galaxy Vol. 2 kembali berpusat pada Peter Quill (Chris Pratt) dan para Guardians. Mereka kembali melanjutkan petualangan menjelajahi luar angkasa di bagian terluar dari kosmos dengan menjalankan misi dari kaum Sovereign.

Kali ini, persahabatan dalam tim Guardians of the Galaxy akan diuji saat mereka secara tak sengaja mengungkap misteri ayah dari Peter Quill. Tim Guardians juga harus berhadapan musuh baru, musuh lama, serta musuh-musuh tak terduga yang mewarnai perjalanan mereka.

Di sini, kita diperkenalkan oleh karakter-karakter yang belum ada di film sebelumnya seperti Mantis (Pom Klementieff), Ayesha (Elizabeth Debicki), Taserface (Chris Sullivan), Stakar (Sylvester Stallone), dan Ego (Kurt Russell).

Artikel Selanjutnya
Transformers: The Last Knight Masuk Nominasi Film Terburuk
Artikel Selanjutnya
Insidious: The Last Key Laris di Indonesia, Produser Senang