Sukses

Slank Kampanyekan Dukung Jatim Bebas Sampah 2020

Liputan6.com, Sidoarjo - Grup musik legendaris Slank menghadiri deklarasi "Jatim Bebas Sampah 2020" yang digelar di Puspa Agro Jemundo, Taman Sidoarjo, Sabtu (23/12/2017). Para personil Slank seperti Kaka, Bimbim, Abdee, Ridho dan Ivan, bersama Pramuka Jawa Timur mengampanyekan kepedulian terhadap lingkungan melalui gerakan sejuta Biopori.

Vokalis Slank, Kaka, mengaku bangga atas gerakan pemuda dalam melestarikan lingkungan. Menurutnya, keterlibatan personilnya dengan pramuka, mengingatkannya saat masih kecil.

"Kita bangga sekali, ini pengalaman kita yang baru. nyobain gotong royong dengan pramuka, kita bangga sekali," tutur Kaka mewakili Slank

1 dari 4 halaman

Meminimalisir Kekeringan

Wakil Ketua Kwartir Daerah Bidang Binamuda Pramuka Jatim, Hariadi Purwantoro mengungkapkan, biopori ini dapat meminimalisir kekeringan saat terjadinya kemarau, dan kebanjiran saat musim hujan. Bahkan dapat digunakan untuk mengelola sampah organik.

"Sehingga kekeringan saat musim kemarau dan banjir saat musim hujan, dapat terkurangi," katanya.

Di Jawa Timur sendiri, sejuta lubang resapan dimulai sejak 18 Desember 2017 sampai dengan 18 Januari 2019. Dari seluruh wilayah Kabupaten Kota, ditargetkan masing masing membuat sebanyak lebih dari 27 lubang biopori. Setiap Kwarda membuat 27.400 lubang resapan.

2 dari 4 halaman

Belum Bergabung

"Namun ada beberapa wilayah yang belum mengikuti atau bergabung dalam gerakan ini, antara lain Jember, Situbondo, Bangkalan, Sampang, Madiun, Lumajang, dan kota Batu," ucapnya.

Meski begitu, tidak mempengaruhi target. Karena ada beberapa daerah yang sebelumnya tidak bergabung, akhirnya turut berpartisipasi, seperti Surabaya, Banyuwangi, Kediri, Tuban, dan Probolinggo.

Para personil Slank juga berkesempatan membuat biopori bersama dengan anggota pramuka. Kemudian mereka juga diajak melihat pengelolaan sampah organik dengan menggunakan ulat.

3 dari 4 halaman

Isi Deklarasi

Disamping itu, para personil Slank juga turut menyemarakkan deklarasi Jatim bebas sampah pada 2020 mendatang.

Isi deklarasi:

Sebagai upaya menjaga lingkungan demi generasi mendatang yang lebih baik, kami masyarakat Jawa timur bertekad mewujudkan Jawa timur bebas sampah 2020.

Kami siap bersama-sama:

1. Mengurangi, memilah, meletakkan sampah pada tempatnya.

2. Mengelola sampah secara bertanggungjawab.

3. Aktif berperan serta dalam kegiatan pengelolaan sampah yang diselenggarakan oleh pemerintah.

Artikel Selanjutnya
PLN Bangun 10 Bank Sampah di Bandung
Artikel Selanjutnya
Target Ambisius Jember Kurangi 85 Persen Sampah