Sukses

Muhammad Iqbal Pernah Diskusi soal Tato dengan Ustaz Solmed

Muhammad Iqbal sempat minta pendapat soal apa yang harus ia lakukan mengenai tato di tubuhnya.

Liputan6.com, Jakarta Muhammad Iqbal Azhari, bintang sinetron Pesantren Rock N Roll, telah mengembuskan napas terakhirnya pada Sabtu (30/12/207) lalu. Almarhum meninggal dunia setelah hijrah dari kehidupan sebelumnya.

 

Seperti diketahui, sebelum hijrah, Muhammad Iqbal merupakan seorang vokalis band metal dengan tato yang memenuhi tubuhnya. Namun, siapa sangka bahwa sebelum hijrah ia sempat berdiskusi soal tato tersebut kepada Ustaz Solmed.

Kepada Liputan6.com, Ustaz Solmed membenarkan hal tersebut. Bahkan, Ustaz Solmed sempat menyarankan agar Muhammad Iqbal tidak lagi menambah tato di tubuhnya.

"Tatonya banyak banget tuh. Dia pernah tanya, saya bilang 'kalau memang dulu masa menato itu memang tidak tahu, tidak mengerti, tidak paham, lalu kemudian sekarang sudah ada tatonya ya sudah biarkan saja. Karena kamu nanti kalau rusak (dihapus) lagi, badan kamu jadi rusak. Itu tambah menyakiti'," kata Ustaz Solmed kepada Liputan6.com pada Selasa (2/1/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ada Perdebatan

Ustaz Solmed mengakui, masih ada perdebatan soal tato di kalangan ulama. Namun, ia menyarankan agar tidak perlu menghapus kalau memang justru proses tersebut semakin menyakiti dan merusak.

Apalagi kalau melihat tato yang ada di tubuh Muhammad Iqbal itu memang benar-benar banyak hingga ke bagian leher.

"Jadi secara hukum, ulama memang berbeda pendapat. Tapi banyak ulama mengatakan tidak perlu dihapus kalau dengan dihapus itu justru makin menyakiti dan makin merusak. 'Yang penting jangan ditambah lagi', saya bilang gitu. Yang udah ya udah, yang akan datang jangan ditambah," kata Ustaz Solmed.

 

3 dari 3 halaman

Ikut Dakwah Keliling

Soal kepergian Iqbal untuk selamanya, Ustaz Solmed mengaku sempat terkejut saat mendengarnya.

"Terakhir saya dengar beliau juga sudah hijrah. Ikut dakwah keliling, dakwah, tabliglah. Tanya juga teman-teman (kajian) di sana, dengar kabar terakhir dari kawan juga yang (kajian) di sana bahwa Iqbal sudah meninggal, kaget juga dengernya. Tapi mudah-mudahan itu yang terbaik," kata Ustaz Solmed.

Namun, ia bersyukur karena sebelum dipanggil oleh Yang Maha Pencipta, Iqbal sempat memutuskan untuk bertobat dan hijrah. Menurutnya, hal tersebut adalah luar biasa.

"Semuanya udah dia dapetin. Dulu masa-masa nakalnya dia sudah dapat, terus Allah kasih dia kemudahan hijrah, tobat, wafat dalam kebaikan, luar biasa. Yang repot kan dari baik jadi nakal, nah itu repot. Kalau nakal jadi baik kan luar biasa," ungkap Ustaz Solmed.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini