Sukses

Yon Koeswoyo Sempat Nyanyi Lagu Religi Diiringi Dewa Budjana

Liputan6.com, Jakarta - Legenda musik Indonesia Yon Koeswoyo saat ini telah pergi untuk selama-lamanya. Kepergiannya pada Jumat (5/1/2018) pagi menimbulkan duka yang mendalam bagi banyak musikus, salah satunya adalah Dewa Budjana, gitaris band Gigi.

Dewa Budjana yang sedang mempersiapkan album solonya, memberikan ucapan duka atas kepergian Yon Koeswoyo melalui sebuah video yang ia unggah di Instagram @dewabudjana.

Maestro gitar Indonesia, Dewa Budjana saat tampil pada konser bertajuk ' Zentuary' di Tebing Breksi, Prambanan, Sleman, DIY, Jumat (23/11) malam. Alunan musik menghipnotis penonton yang menyaksikan di alam terbuka tersebut. (Regina Safri)

"RIP Yon Koeswoyo ....Selamat jalan Mas Yon, Legenda Musik Indonesia #koesplus #koesbersaudara," tulis Dewa Budjana sebagai keterangan video tersebut, Jumat.

Istimewanya, dalam video tersebut Yon Koeswoyo menyanyikan sebuah lagu yang liriknya kental dengan nuansa Islami. Tampak dalam videonya Dewa Budjana mengiringi Yon menyanyikan lagu yang tak diketahui judulnya itu.

1 dari 3 halaman

Lirik Islami

Nuansa religi nan Islami sangat kental dalam lirik lagu yang dinyanyikan Yon Koeswoyo di video unggahan Dewa Budjana itu.

"...kupandang langit dan bumi semesta alam ini, semua ciptaanmu ya Allah. Memang kau bagai sinar yang terang menuju kebenaran. Jauhkan kami dari siksaan, ya Allah," Yon Koeswoyo menyanyikannya.

"Pengasih dan penyayang kepada semua insan. Memuji selalu namamu... Allah, Allah, Allah...," lanjut Yon Koeswoyo dalam bait lagunya.

2 dari 3 halaman

Jejak Yon Koeswoyo Jelang Meninggal

Yon Koeswoyo meninggal dunia pada Jumat (5/1/2018) pukul 05.50 WIB karena mengalami penyakit komplikasi. Pada 2016 lalu, ia sempat menjalani perawatan di rumah sakit. Namun, sang istri, Bonita, mengatakan bahwa selama di rumah sakit, Yon Koewoyo tak mau makan selain masakan rumah.

Yon Koeswoyo punya riwayat penyakit infeksi paru-paru dan jantung dan sempat dirawat di salah satu rumah sakit di kawasan BSD, Tangerang Selatan. "Mas Yon juga punya riwayat sakit diabetes," ucap Bonita, dalam satu kesempatan.

Selama ini, Yon Koeswoyo dikenal sebagai musikus legendaris. Bersama saudara-saudaranya, ia mendirikan band Koes Bersaudara di era tahun 1960-an. Kemudian band itu berubah nama menjadi Koes Plus dengan bergabungnya Murry sebagai penggebuk drum. Tak terhitung banyak hit Koes Plus yang dikenal sebagai lagu legendaris hingga kini.

Artikel Selanjutnya
Lintas Generasi Pelestari Musik Koes Plus di Tanah Dewata
Artikel Selanjutnya
Cerita Yon Koeswoyo Buat Lagu Nusantara Terinspirasi Bung Karno